Keturunan Prabu Siliwangi dari Jalur Surawisesa, Cikal Bakal Kuningan

oleh -9.104 views
ciri-keturunan-prabu-siliwangi

CIREBON – Keturunan Prabu Siliwangi diketahui memiliki beberapa jalur. Pasalnya, diriwayatkan Sri Baduga Maharaja menikah dengan 151 istri.

Ada juga yang menyebut, Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi menikah 56 kali dan memiliki banyak keturunan.

Salah satu yang terlacak adalah pernikahan dari istri Nhay Kentring Manik Mayang Sunda dengan anak pertama Prabu Surawisesa.

Prabu Surawisesa (Raden Sanghyang) yang menikah dengan Ratu Kiranawati memiliki 3 putra.

Pertama, Dewata Buana alias Ratu Dewata yang menjadi penguasa di Pakuan Pajajaran yang berputra Ratu Sakti dan Mayangsari, sedang Ratu Sakti berputra ratu Nilakendra

Kedua, Raden Jayaraksa memimpin masyarakat Luragung dengan gelar Ki Gedeng Luragung.

Kemudian menikah dengan Nyi Ageng Larasati maka berputra Adipati Kuningan Raden Suranggajaya seorang putra angkat Sunan Gunung Jati dan Putri Cina Ong Tien (Ratu Rara Semanding) putri Kaisar Hong Gie dari dinasti Ming.

Raden Jayaraksa memimpin masyarakat Luragung dengan gelar Ki Gedeng Luragung kemudian menikah dengan Nyi Ageng Larasati.

Dari pernikahan ini, memiliki anak Adipati Kuningan Raden Suranggajaya seorang putra angkat Sunan Gunung Jati dan Putri Tiongkok Ong Tien (Ratu Rara Semanding) putri Kaisar Hong Gie dari dinasti Ming.

Permaisuri Prabu Surawisesa adalah Dewi Kania atau Kinawati atau Ratu Kiranawati alias Sekarwangi alias Ratu Kebagusan alias Ratu Tanjung Jaya seorang Ratu kerajaan Tanjung Barat.

Berita berlanjut di halaman selanjutnya…

Baca juga: