Labu Kuning, Bagus untuk Menurunkan Tekanan Darah dan Kecilkan Perut

oleh -13 views

NAMA  labu kuning sudah cukup familiar. Labu kuning identik dengan perayaan Halloween dan kisah dongeng Cinderella yang terkenal di seluruh dunia.

Di Indonesia, labu kuning sering diolah menjadi kolak, puding, dan bermacam-macam kue. Buah yang satu ini memiliki tekstur lembut dan rasanya manis.

Tetapi, masih banyak yang belum tahu bahwa labu kuning memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Tidak hanya buahnya saja, bijinya pun juga punya manfaat untuk kesehatan. Disadur dari gridhealt.com, ini  6 manfaat labu kuning bagi kesehatan.

1. Menangkal Kuman

Beta-karoten adalah pigmen yang ditemukan dalam buah-buahan atau sayuran berwarna dominan merah-jingga. Labu kuning kaya akan beta-karoten.

Tubuh mengubah antioksidan tersebut menjadi vitamin A. Vitamin A membantu seseorang memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang lebih jelas, terutama dalam kondisi kurang cahaya.

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A diperlukan untuk menangkal kuman dan agar sistem reproduksi bekerja sebagaimana mestinya.

Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, ginjal, dan organ lainnya.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain beta-karoten, labu kuning juga mengandung vitamin C, vitamin E, zat besi, dan folat. Semua itu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang sering memakan labu kuning dapat membantu sel-sel kekebalan bekerja lebih baik untuk menangkal kuman dan mempercepat penyembuhan saat sedang terluka.

3. Membantu Penderita Hipertensi

Labu kuning yang kaya dengan warna oranye juga merupakan tanda bahwa buah tersebut dikemas dengan kalium. Kalium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

Biji labu kuning tawar juga padat akan mineral dan sterol tanaman yang meningkatkan kadar kolesterol baik yang disebut lipoprotein berdensitas tinggi atau high density lipoprotein (HDL) serta membantu menurunkan angka tekanan darah.

4. Melangsingkan Perut

Labu kuning tinggi serat dan rendah kalori sehingga labu kuning bisa membuat seseorang merasa kenyang. Jika mencari cara agar perut terasa kenyang, labu kuning kaya nutrisi adalah pilihan yang baik.

Kandungan serat dalam makanan yang dimakan juga meningkatkan kesehatan pencernaan, jadi pencernaan dalam tubuh keluar secara teratur.

5. Tidur Lebih Nyenyak

Biji labu kuning memiliki triptofan, yaitu asam amino yang membantu membuat bahan kimia yang disebut serotonin.

Selain berfungsi untuk memperbaiki suasana hati, serotonin juga berperan penting dalam membantu seseorang mendapatkan tidur yang baik.

6. Menyejukan Kulit

Kekuatan antioksidan beta-karoten dalam labu kuning bekerja untuk melawan efek penuaan pada kulit. Ini juga membantu mengurangi peradangan, yang membuat kulit dan tubuh lebih sejuk.

 Itulah 6 manfaat labu kuning bagi kesehatan. Setelah mengetahui kebaikannya untuk tubuh, cara terbaik untuk memperoleh manfaat kesehatannya ialah dengan menghindari gula dalam pengolahan labu kuning. (*)