Musim Hujan, Simak Tips Berkendara Motor Biar Aman

oleh -47 views

HUJAN masih turun di awal tahun 2022 ini di sebagian besar wilayah di Indonesia. Buat pengendara motor, hal ini bisa jadi merepotkan jika mereka tidak mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Kondisi cuaca terkadang tidak menentu, curah hujan yang kadang-kadang turun lumayan ekstrem membuat pengendara motor harus lebih waspada dan bijak saat berkendara,” ujar selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Bangka Belitung dari Main Dealer Yamaha CV. Sumer Jadi, Oriansah. M.

Dia melanjutkan, faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca juga sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. “Kita wajib menerapkan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan,” lanjut Oriansah.

Baca juga:Segini Kecepatan Angin di Kota Cirebon Kemarin Sore, 5 Pohon Tumbang, Atap Terbang

Berikut beberapa tips berkendara saat hujan untuk menghindari bahaya tersebut:

– Gunakan jas hujan model setelan (atasan dan bawahan).

– Helm dengan visor bening.

– Gunakan sepatu anti air atau karet.

– Gunakan sarung tangan.

– Kondisi rem harus pakem.

– Kembangan ban yang bagus / tidak gundul.

– Tekanan ban yang sesuai dengan standar spek.

Electrical atau lampu berfungsi baik.

– Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical.

– Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima. (jp)