Rupiah Di Posisi Rp 14.347 Per Dolar AS, Selama Pandemi

oleh -10 views
Kurs rupiah dan Dolar

PERDAGANGAN nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih dihantui oleh ke tidakpastian global ditengah pandemi Covid-19. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI), saat ini posisi rupiah ada di level Rp 14.347 per dolar AS.

“Nilai tukar rupiah masih berpeluang melemah hari ini ke kisaran 14.360-14.380 dengan potensi support di kisaran 14.320,” kata analis keuangan Ariston Tjendra kepada JawaPos.com, Senin (24/1).

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Cirebon Hari Ini, Hujan Sore sampai Malam Hari

Ariston menjabarkan, tekanan terhadap rupiah kemungkinan datang dari ekspektasi kenaikan suku bunga acuan AS dimana saat ini pasar mengantisipasi kemungkinan kenaikan 4 kali tahun ini dari sebelumnya 3 kali.

“Pasar juga sudah mengantisipasi kemungkinan kenaikan 50 basis poin di bulan Maret dari sebelumnya 25 basis poin,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bencana Hidrometeorologi Kota Cirebon Tadi Malam, Ini Fakta-fakta Kejadian

Selain itu, lanjutnya, pelaku pasar juga menantikan petunjuk lebih lanjut dari Bank Sentral AS terhadap pengumuman hasil rapat kebijakan moneter di hari Kamis dinihari WIB pekan ini. “Pasar mengantisipasi the Fed bakal menyuarakan indikasi kebijakan yang lebih hawkish atau mendukung percepatan pengetatan moneter di AS untuk mengendalikan kenaikan inflasi,” imbuhnya.

Sementara sentimen dari dalam negri, pasar mewaspadai perkembangan varian Omicron. Perubahan kebijakan pembatasan aktivitas yang lebih ketat bisa memberikan sentimen negatif ke rupiah.(fin)