Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Dhuha

oleh -55 views

AMALAN  ibadah sunah yang dianjurkan untuk dilakukan salah satunya yakni  sholat dhuha. Lantas, kapan waktu terbaik sholat dhuha?

Diketahui, ibadah sholat sunnah adalah ibadah yang jika dilakukan memperoleh pahala dan jika tidak dilakukan tidak berdosa. Termasuk ibadah Sholat Dhuha.

Sholat Dhuha merupakan ibadah sholat sunnah dua rakaat atau lebih yang dikerjakan pada waktu matahari terbit sekitar tujuh hasta hingga tiba waktu dzuhur.

Surat-surat pendek dalam Alquran yang dianjurkan untuk dibaca saat sholat dhuha yakni surat Al-Syamsi, Al-Dhuha, Al-Ikhlas, dan Al-Kafirun. Diperbolehkan juga membaca surat-surat pendek lainnya.

Penting juga untuk diketahui waktu yang tepat dan benar dalam mengerjakan Sholat Dhuha agar lebih optimal mengerjakannya.

Kerjakan pada awal waktu, yakni waktu setelah terbit matahari dan meninggi. Hal tersebut ini tercantum juga dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

“Kerjakan shalat shubuh kemudian tinggalkan shalat hingga matahari terbit, sampai matahari meninggi. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud.”

Maksud dari waktu sholat dhuha, yakni pada akhir waktu yakni mendekati waktu zawal atau saat matahari tergelincir ke barat dan menyengat.

Sementara waktu terbaik untuk mengerjakan sholat dhuha atau waktu paling utama yaitu pada akhir waktu, saat matahari semakin terik.

Hal tersebut tercantum juga dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

“Sholat awwabin (dhuha) itu ketika sinar matahari sudah menyengat.”

Diketahui, terdapat waktu-waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat dhuha, yakni Selepas salat subuh hingga terbit matahari sekitar satu anak panah,  Waktu saat matahari di atas kepala hingga waktu zuhur, Saat matahari berubah warna kekuningan (selepas ashar) hingga matahari terbenam

Hal tersebut tercantum juga dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang berbunyi sebagai berikut.

“Waktu yang dilarang untuk shalat dan menguburkan orang mati yaitu saat matahari terbit hingga naik (sedikit), saat matahari mencapai titik tertinggi hingga tergelincir, dan saat matahari sedikit terbenam hingga terbenam”

Dari ketiga waktu yang sudah disebutkan di atas, yang ada kaitannya dengan larangan untuk mengerjakan sholat dhuha yakni waktu pertama dan waktu kedua.(dirangkum dari berbagai sumber/ing)