Sudah Dialokasikan Rp 3 T, Dana Indonesiana Sebagai Merdeka Belajar Episode ke-18

oleh -51 views
Nadiem Makarim

Radarcirebon.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah melincurkan Dana Indonesiana sebagai Merdeka Belajar Episode ke-18. Program ini ditujukan untuk memajukan kebudayaan di Indonesia.

Dana Indonesiana program yang ditujukan untuk memajukan kebudayaan di Indonesia sudah disiapkan Sejumlah Rp3 T.

“Dana Indonesiana sebagai dana abadi kebudayaan adalah bukti bahwa pemerintah hadir dan bergerak bersama masyarakat untuk mewujudkan Merdeka Berbudaya,” ujar Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim kepada wartawan, Jumat, 25 Maret 2022.

Sedangkan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pada 2020 dan 2021 pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 triliun yang dikelola bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebagai Dana Abadi Kebudayaan. Dia menargetkan uang tersebut terus bertambah seiring berjalannya waktu.

BACA JUGA:

“Dengan terbentuknya Dana Indonesiana, kita memenuhi janji presiden. Tahun depan kita harapkan diisi lagi sehingga mencapai Rp 5 triliun,” ujar Sri Mulyani.

Dari total anggaran Rp 3 triliun yang dikelola LPDP, selama dua tahun dana ini telah menghasilkan keuntungan sebesar Rp 200 miliar berdasarkan akumulasi sejak 2021. Dana ini bisa dipakai oleh semua pelaku seni dan pelaku budaya untuk membangkitkan kembali gairah serta aktivitas-aktivitas kebudayaan yang sempat terhenti karena pandemi.

“Jadi siapa saja, ayo segera mendaftar untuk mendapatkannya,” ucapnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA: