Hepatitis Akut Misterius, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada

oleh -546 views
hepatitis-akut-misterius
Hepatitis akut misterius, Kementerian Kesehatan mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk pencegahan. Foto: Setkab

Radarcirebon.com, JAKARTA – Hepatitis akut misterius yang dilaporkan di Indonesia, menjangkiti 3 orang anak. Ketiganya meninggal dunia, usai mengalami infeksi.

Kendati demikian, belum diketahi apa yang menjadi penyebab dari hepatitis akut misterius. WHO telah mengakategorikan hal ini sebagai kejadian luar biasa dan dilaporkan di beberapa negara.

Kejadian Luar Biasa (KLB) ditetapkan pada kasus Hepatitis Akut misterius yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia, dan belum diketahui penyebabnya sejak 15 April 2022.

Kewaspadaan tersebut meningkat setelah tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia, dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Baca juga:

Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran.

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI sedang berupaya untuk melakukan investigasi penyebab kejadian hepatitis akut ini melalui pemeriksaan panel virus secara lengkap.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: