Usai Mudik Jauh, Cek Filter Oli Agar Mobil Tetap Lancar Melajunya

oleh -27 views
Terdapat 5 hal yang harus Anda perhatikan agar segera mengganti filter oli mesin mobil tepat waktu ini akan membuat kondisi mobil tetap prima dikendarai (Ilustrasi)

Radarcirebon.com, JAKARTA – Suasana mudik sudah berlalu berganti dengan arus balik. Dan kembali keaktifitas masing-masing, begitu juga kondisi mobil yang selesai dipakai untuk mudik mesti diperhatikan adlah filter oli mesin. komponen yang mempunyai fungsi membersihkan oli mesin sebelum disalurkan ke semua komponen internal mesin harus selalu bersih.

Filter oli ini membuat debu, metal maupun jelaga tidak masuk ke ruang dalam mesin, sehingga komponen yang ada didalamnya tidak terganggu.

Dilansir dari laman resmi Suzuki Indonesia, bukan hanya memperhatikan oli, Andu juga harus memperhatikan filter oli dengan baik. Untuk penggantian filter oli sendiri dapat bersamaaan dengan ketika mengganti oli mesin supaya oli sisa yang mengendap di filter dapat terbuang.

Ada 5 hal yang harus Anda perhatikan agar segera mengganti filter oli mesin mobil tepat waktu. Kelima hal itu adalah mesin terlalu panas, tekanan oli menurun, terdengar bunyi gesekan logam, performa mesin mobil menurun serta kotornya asap knalpot.

BACA JUGA:

Mesin Terlalu Panas

Filter oli yang buruk akan berdampak negatif pada suplai oli yang diterima oleh mesin mobil. Bila semakin sedikit oli yang masuk ke mesin mobil, maka mesin semakin tidak menerima pelumasan untuk mencegah gesekan antar komponen bergerak.

Gesekan-gesekan dari komponen yang saling bergerak dan terbuat dari bahan logam ini dapat menghasilkan panas dengan cepat. Jika panas ini tidak dapat didinginkan dengan oli, maka bisa menyebabkan mesin terlalu panas.

Bahkan bila dibiarkan, maka mobil akan mengalami kerusakan parah seperti internal mesin menjadi melengkung, piston berpotensi macet, dan bantalan mesin serta silinder mesin bisa cacat.

Berita berlanjut di halaman berikutnya….

BACA JUGA: