Disdukcapil Jemput Bola Rekam Adminduk Bagi Penyandang Disabilitas

oleh -51 views
REKAM. Disdukcapil melakukan perekaman data kependudukan bagi penyandang disabilitas di SLB Negeri Budi Utama, Jumat (13/5). FOTO: Abdullah/Radar Cirebon

CIREBON- Ratusan penyandang disabilitas mengikuti rekaman administrasi kependudukan (Adminduk) yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon pada hari Jumat ( 13/5).

Bertempat di SLB Negeri Budi Utama, 170 untuk semua mulai dari Kartu Keluarga (KK) 70, AKta Kelahiran 2, e-KTP 18, KIA sebanyak 47 hanya di SLB Negeri Budi Utama.

Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, Drs Atang H Dahlan MSI didampingi Kabid Pendaftaran Penduduk Siti Djulaeha SH menjelaskan, kegiatan ini sebenarnya sudah dimulai sejak 31 Maret-3 April 2022 dengan pendataan siswa SLB Se-Jabar oleh Dinas Pendidikan sebanyak 21.854 siswa.

Sedangkan kota Cirebon hanya 383 siswa. Dari data itu, lanjut Atang, terverifikasi penduduk kota Cirebon sebanhak 222 siswa yang tersebar di 5 SLB, yaitu SLB Negeri Budi Utama, SLB B Pancaran Kasih, SLB C Pancaran Kasih, SLB BC Mekar Arum dan SLB B Sayange.

BACA JUGA:

Di SLB Negeri Budi Utama, kata Atang, dari data siswa sebanyak 168 siswa, telah diverifikasi penduduk kota Cirebon sebanyak 97 siswa. Kemudian tanggal 18-20 April 2022 dilakukan pemadanan data guna memastikan data peserta didik SLB penyandang disabilitas khususnya penduduk kota Cirebon. Tanggal 25-28 April 2022 dilakukan pemberkasan persyaratan dokumen kependudukan.

Dilanjutkan tanggal 11-13 Mei 2022 dilakukan perekaman dan penerbitan dokumen adminduk dengan rincian biodata /KK 70, perekaman e-KTP 18, KIA 47, dan akta kelahiran 2. Kabid Dafduk, Siti Djulaeha menjelaskan Disdukcapil jika mengacu target perekaman secara nasional sudah kita capai 107 persen.

Bahkan saat saya masuk, capaian KIA baru 15 persen dan sekarang 24 persen, tapi target nasional 40 persen. “Masih harus menggenjot KIA secara kolektif dengan sekolah. Kita maksimalkan SDM yang ada, alat cetak KAI hanya ada 2, bahkan sehari bisa 500 keping.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

BACA JUGA: