Polisi dan Puskeswan Sidak ke Peternakan Hewan Ternak, Ada Apa?

oleh -25 views
Polisi dan Puskesmas Sidak ke Peternakan Hewan

CIREBON-Antisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, Polresta Cirebon dan Puskeswan Ciledug melakukan sidak ke peternakan di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jumat (13/4/2022).

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, melalui Kasat Binmas Kompol Tri Silayanto mengatakan, sidak tersebut untuk memastikan kesehatan hewan yang nantinya akan dikonsumsi masyarakat Kabupaten Cirebon.

“Dalam sidak ini kami sengaja melibatkan dokter hewan dari UPTD Puskeswan Ciledug untuk memastikan kondisi hewan ternak tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi. Kegiatan tersebut juga untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran wabah PMK di Kabupaten Cirebon,”katanya.

Kompol Tri menyebutkan, hasil sidak tidak ada hewan yang terjangkit PMK.

BACA JUGA:

“Alhamdulillah, dari hasil pemeriksaan seluruh hewan ternak di peternakan wilayah Ciledug ini kondisinya sehat dan tidak ada yang terjangkit PMK. Kami mengimbau masyarakat segera melapor ke puskeswan terdekat jika menemukan hewan ternak yang diduga terjangkit PMK,”sebutnya.

Sementara Medic Veteriner UPTD Puskeswan Ciledug, drh Edi Purnomo menuturkan, seluruh hewan ternak yang diperiksa di peternakan Kecamatan Gebang kondisinya dipastikan sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda terjangkit PMK.

“Hewan ternak di sini yang baru datang dari luar Cirebon juga hampir semuanya telah melewati masa inkubasi selama 14 hari. Sehingga InsyaAllah secara klinis hewan di sini aman dari PMK dan layak konsumsi,”tuturnya

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

BACA JUGA: