Mengenal Lupus, Penyakit Seribu Wajah

oleh -26 views
dr. Geety Shopya H.
dr. Geety Shopya H.

Radarcirebon.com – SETIAP tanggal 10 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia/World Lupus Day. LUPUS, Sistemic Lupus Eritematosus (SLE) adalah suatu penyakit autoimun yang kronis/berlangsung lama, di mana penderita menjadi sakit karena sistem imunitas yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi, kuman atau cedera, namun sistem autoimun tidak mampu mengenali antara infeksi atau kuman dengan sel atau jaringan tubuh sendiri sehingga berbalik menyerang tubuhnya sendiri. Beberapa bagian yang dikenai bisa kulit, sendi, ginjal, saluran cerna, syaraf sampai otak.

Penyebabnya belum diketahui secara pasti tetapi faktor keturunan di anggap berperan penting di samping, faktor lingkungan dan faktor hormonal.

Pencetus timbulnya sakit juga bermacam–macam seperti penyakit infeksi, obat-obat tertentu, paparan sinar matahari berlebih, merokok, bekerja berat/ terlalu capai,  beban pikiran/stress atau penghentian obat Lupus tanpa seijin dokter. Penderita lupus lebih banyak pada wanita, usia 15 sampai dengan 45 tahun.

Gejala Lupus bisa sangat bervariasi, hilang timbul dan berbeda dari setiap penderita, dikarenakan peradangan yang terjadi bisa terjadi di berbagai bagian tubuh yang dikenai dan mirip gejala dengan penyakit lain.

Oleh karena itu Lupus sering juga disebut sebagai “penyakit seribu wajah”. Inilah yang kadang menjadi kesulitan dalam mengenal penyakit Lupus secara dini.

BACA JUGA:

Bagaimana pengobatan lupus?

Penanganan menyeluruh penting dalam pengobatan lupus. Lupus adalah penyakit kronik yang membutuhkan pengobatan jangka panjang. Hal tersebut sering kali menyebabkan frustasi atau kebosanan bagi pasien dan keluarga.

Komunikasi dan hubungan yang baik antara dokter dan pasien sangat penting untuk mengurangi gejala, mencegah kekambuhan, mengurangi efek samping obat, serta memperbaiki kepatuhan pasien. Dukungan perawat, keluarga pasien, serta support group dari sesama penyandang lupus juga penting untuk mengoptimalkan pengobatan.

Perlu diingat Lupus bukanlah penyakit menular !

Mari dukung dan sebarkan edukasi dan informasi tentang lupus kepada semua masyarakat, agar penyakit lupus semakin dikenali dan untuk dapat ditemukan dini dan segera mendapatkan pengobatan sebelum berlarut-larut menjadi kronis.

Berita berlanjut di halaman berikutnya….

BACA JUGA: