Nyi Subang Larang Meninggal Tahun 1441, Makamnya Masih Jadi Misteri

oleh -293 views
nyi-subang-larang-meninggal
Nyi Subang Larang meninggal dan diyakini dimakamkan di Astana Panjang atau Muara Jati. Foto: Ist/radarcirebon.com

Radarcirebon.com – Nyi Subang Larang di riwayatnya disebutkan meninggal pada tahun 1441. Kisah lain menyebut pada 1444 atau di usia 40 tahun.

Nyi Subang Larang meninggal di tengah pengasingan. Ibu calon penguasa Cirebon itu, keluar dari Istana Pakuan Pajajaran, karena perbedaan agama dengan Prabu Siliwangi.

Dalam kisahnya, Nyi Subang Larang yang menghabiskan masa-masa terakhir hidupnya dan meninggal dunia dalam pengasingan, memiliki tiga keturunan dari Prabu Siliwangi.

Yakni, Rara Santang, Pangeran Walangsungsang dan Raja Sangara. Mereka adalah keturunan yang memeluk Agama Islam dan mendalaminya hingga dapat melakukan syiar.

Baca juga:

Dari ketiga anak-anaknya ini, kemudian lahirnya keturunan yang berikutnya menjadi pembesar Cirebon juga melakukan syiar Islam di Tanah Jawa.

Namun, hingga kini makan Nyi Subang Larang masih menjadi misteri. Meski di beberapa tempat petilasan diyakini menjadi peristirahatan terakhirnya.

Menurut Carita Purwaka Caruban Nagari (CPCN), Subang Larang bernama asli Kubang Kencana Ningrum. Nyai Subang Larang lahir pada 1404 M dan wafat tahun 1441.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: