Pompa Riol Cirebon, Dibeli dari Manchester, Museumnya Dekat Kandang MU

oleh -7.709 views
pompa-riol-cirebon
Pompa Riol Cirebon yang dipasang Pemerintah Hindia Belanda saat mendirikan Gemeente Cirebon. Foto: Dok/radarcirebon.com

CIREBON – Pompa Riol Cirebon ternyata memiliki sejarah panjang. Peralatan itu, didatangkan dari Manchester, Inggris. Pabriknya, kini jadi museum dekat Old Trafford, kandang Manchester United.

Sejarahwan Cirebon, Mustaqim Asteja mengungkapkan, pompa riol Cirebon diproduksi oleh Crossley Brothers Ltd, dari Kota Manchester, Inggris.

Menurut dia, pompa riol tersebut didatangkan pemerintah kolonial saat membentuk Geemente Cirebon pada tahun 1906. Karenanya mesin tua itu, punya nilai sejarah tersendiri.

Keberadaan pompa tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah Hindia Belanda membenahi tata ruang kota dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Baca juga:

Juga menghindarkan dari penyakit akibat sanitasi yang buruk. Karenanya, diadakanlah pompa riol di 10 titik di Kota Cirebon. Yang kemudian dilengkapin dengan kolam oksidasi.

Kegiatan tersebut dibarengi dengan penyediaan sarana kebersihan, kamar mandi umum, hingga menangani masalah genangan untuk pencegahan penyakit malaria.

Kali Bacin yang dianggap sebagai salah satu sumber penyakit akibat bau tidak sedap yang menyengat dan membuat lingkungan menjadi kumuh ditutup pada 1917.

Berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: