Pompa Riol Cirebon, Dibeli dari Manchester, Museumnya Dekat Kandang MU

oleh -8.664 views
pompa-riol-cirebon
Pompa Riol Cirebon yang dipasang Pemerintah Hindia Belanda saat mendirikan Gemeente Cirebon. Foto: Dok/radarcirebon.com

Pengolahan Limbah Berasal dari Manchester

Tidak hanya itu, jaringan riol juga mengalirkan air limbah yang ada di kota untuk selanjutnya ditampung di bak tertutup yang ada di sekitar gedung riol. Setelah di-treatment, air limbah baru dibuang ke laut.

“Oleh pemerintah Hindia Belanda, mesin pompa ini beroperasi dengan sangat baik. Namun pada tahun 1930-an, saat terjadi resesi ekonomi, operasional riol agak sedikit terganggu. Sampai ketika era penjajahan Jepang, kondisinya semakin tak diperhatikan,” ucapnya.

Setelah masa penjajahan selesai, operasional mesin pompa riol Ade Irma pun mulai kembali membaik. Pompa ini mampu menyedot air sampai dengan 1000 meter kubik perjam. Kondisi Kota Cirebon menjadi jauh lebih baik.

Sekitar tahun 1993, pompa tersebut tak lagi beroperasi dengan maksimal. Pada tahun 2001, Walikota Cirebon saat itu Lasmana Suriaatmadja mengeluarkan SK Walikota No 19 tahun 2001.

Baca juga:

SK itu, menetapkan gedung riol di kawasan Pelabuhan Cirebon sebagai cagar budaya di Kota Cirebon yang harus dilindungi. “Tahun 2013 itu atap bangunanya sudah jebol. Tapi pompanya masih ada,” tuturnya.

Sementara itu, dari penelusuran radarcirebon.com, perusahaan Manufaktur Crossley Brothers Ltd yang berbasis di Manchester dan kerap membuat mesin-mesin serupa pompa Riol.

Yang kemudian terdapat juga museum terkait hal itu dan berada di Liverpool Rd, Manchester M3 4FP, Inggris Raya. Tidak begitu jauh dari kandang klub sepak bola ternama Manchester United.

Berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: