Dugaan Pembuatan Surat Silsilah Sunan Gunung Jati Beredar, Ada Tanda Tangan Pangeran Kuda Putih

oleh -16.032 views
jual-beli-gelar-bangsawan-keraton-kasepuhan
Surat yang diduga penerbitan silsilah Keraton Kasepuhan ditandatangani Sultan Sepuh Arianatareja. Foto: Ist

CIREBON – Beredar diduga penerbitan surat silsilah Sunan Gunung Jati dengan Kop Keraton Kasepuhan dan ditandatangani Sultan Sepuh Jaenudin Arianatareja, Pangeran Heru Rusyamsi alias Kuda Putih.

Surat yang menjadi dugaan penerbitan silsilah Sunan Gunung Jati dengan kop Keraton Kasepuhan itu, beredar di sejumlah grup wartawan, Minggu (15/5/2022). Ditandatangani Sultan Sepuh Jaenudin II.

Adapun Sultan Sepuh Jaenudin II Arianatareja, Pangeran Heru Rusyamsi alias Kuda Putih, adalah yang dinobatkan di Kabupaten Kuningan beberapa waktu lalu.

Beredarnya surat dugaan jual beli gelar bangsawan tersebut, kabarnya juga menjadi dasar bagi Santana Kesultanan Cirebon (SKC) menyesal telah mengangkat Pangeran Kuda Putih.

Baca juga:

Bahkan, SKC kabarnya akan melakukan pencabutan mandat, alias membatalkan pengangkatan Pangeran Kuda Putih sebagai Sultan Sepuh Jaenudin Arianatareja.

Pernyataan tersebut, telah diungkapkan oleh Tim Formatur Santana Kesultanan Cirebon yang melakukan pengukuhan terhadap Pangeran Kuda Putih.

Sementara itu, Pangeran Kuda Putih menyatakan bahwa surat tersebut adalah untuk internal keraton. Bukan untuk konsumsi publik.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: