Kabupaten Cirebon Lepas Calhaj sebelum 4 Juni

oleh -99 views

Radarcirebon.com – KASI Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon H Yuto Nasikin SAg MPdI mengatakan, tahun ini calhaj yang berangkat “hanya” 1.092 orang.

Dia mengatakan jumlah itu disesuaikan dengan kebijakan yang dikeluarkan Arab Saudi. “Yang tak bisa berangkat karena aturan tersebut (kebijakan Arab Saudi, red) sekitar 54 persen. Selain itu ada beberapa penyebab juga yang membuat calon jamaah gagal berangkat seperti pembatalan dan lain-lainnya,” jelas Yuto Nasikin kepada Radar, kemarin.

Berdasarkan informasi yang diterima Yuto Nasikin, estimasi keberangkatan jamaah haji secara nasional akan dimulai 4 Juni 2022. Sementara untuk jamaah Kabupaten Cirebon terbagiedalam 4 kloter yakni kloter 7, 8 ,33 dan kloter 34.

Keberangkatan kloter 7 dan 8 sendiri akan diperkirakan menjadi keberangkatan kedua secara nasional sehingga kemungkinan pelepasan calhaj akan dilakukan sebelum tanggal 4 Juni.

BACA JUGA:

“Tanggal 4 Juni itu kan baru estimasi, jika tidak ada perubahan. Kalau kita keberangkatan kedua secara nasional sehingga dimungkinkan untuk pelepasan jamaah di Cirebon dilakukan sebelum tanggal 4 Juni,” bebernya.

Para calhaj asal Kabupaten Cirebon akan berangkat dari embarkasi Bekasi dan Jakarta. Kloter 7 disi 404 calhaj dan 6 petugas, kloter 8 yang akan berangakt dengan jumlah yang sama, kloter 33 diisi 247 calhaj, dan kloter 34 diisi oleh 35 calhaj.

Dia juga menjelaskan soal pembatalan berangkat oleh sejumlah calhaj. “Terkait pembatalan haji sendiri ada beberapa faktor. Di antaranya ada calhaj yang terpaksa batal karena anggota keluarganya gagal berangkat akibat aturan dari Arab Saudi,” katanya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya….

BACA JUGA: