Ada Hubungan Dekat, Nasdem Bisa Gabung Koalisi Indonesia Bersatu

oleh -23 views
nasdem-gabung-koalisi-indonesia-bersatu
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa, dan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menggelar pertemuan di Jakarta, Kamis 12 Mei 2022 petang. (Foto: Istimewa)

Radarcirebon.com, JAKARTA – Partai Nasdem bisa saja gabung bersama Golkar, PAN dan PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Kemungkinan Nasdem gabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu terbuka lebar. Sebab, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Ketum Golkar Airlangga Hartarto memiliki sejarah kedekatan.

Direktur Eksekutif Laboratorium Suara Indonesia (LSI) Albertus Dino mengatakan Nasdem adalah partai yang juga bersama-sama dengan Golkar, PAN dan PPP berada dalam koalisi pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Saya melihat saat pertemuan antara Surya Paloh dan Airlangga di Nasdem Tower lalu terjalin sangat akrab. Nasdem menerima kehadiran Golkar sangat hangat,” ujar Albertus Dino dalam keterangan, di Jakarta (17/5).

Baca juga:

Nasdem sendiri sampai saat ini belum memberikan sinyal untuk menentukan arah koalisi dengan parpol yang telah lebih dulu melakukan penjajakan dengan alasan masih melihat perkembangan peta politik, sama halnya seperti yang di sampaikan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Albertus menilai hubungan Nasdem dan Demokrat juga kurang harmonis, Dia mengakui hal sebaliknya dalam pertemuan antara Surya Paloh dengan Agus Harimurti Yudhoyono berbeda seusai Surya Paloh menerima kunjungan dari Golkar.

“Saya kira AHY itu tidak seakrab Airlangga dari Golkar, kemungkinan Nasdem bergabung dengan KIB ini lebih besar. Tapi saya melihat pertemuan Airlangga dan AHY dirumah dinas Menko Perekonomian lalu juga hangat,” ungkap Albertus Dino.