Peninggalan Kerajaan Indraprahasta di Cirebon Girang, Meski Keratonnya Hancur Bak Ditelan Bumi

oleh -1.776 views
peninggalan-kerajaan-indraprahasta
Salah satu peninggalan yang diduga berasal dari Wanagiri atau bahkan Kerajaan Indraprahasta di Kabuyutan Krapyak, Desa Sarwadadi, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

CIREBON – Peninggalan Kerajaan Indraprahasta tergolong minim untuk bekas sebuah kawasan yang ketika itu, telah mewariskan takhta hingga 14 raja pada periode tahun 300-an Masehi hingga tahun 700-an.

Peninggalan Kerajaan Indraprahasta yang satu masa dengan Tarumanegara, masih perlu ditelusuri lebih lanjut. Agar tidak hanya menjadi cerita tutur turun temurun di tengah masyarakat.

Hingga kini, salah satu peninggalan yang paling signifikan adalah Blok Krapyak, Desa Sarwadadi, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon.

Juhana, tokoh masyarakat Desa Sarwadadi menyebutkan bahwa Blok Krapyak diyakini sebagai pintu gerbang Kerajaan Sarwadadi. Juga tempat beragam peninggalan dimungkinkan ada di kawasan tersebut.

Baca juga:

Artefak atau peninggalan paling signifikan barangkali adalah sebuah sumur kuno di Kabuyutan Krapyak. Diyakini, ini adalah bekas Kerajaan Wanigiri. Atau bahkan Indraprahasta.

Meski jejak berupa fisik sudah sulit ditemukan, namun di kawasan ini banyak mata air dan tempat yang dikeramatkan.

Bukan hanya itu, secara toponimi banyak tempat di kawasan ini yang dikaitkan dengan peninggalan Kerajaan Indraprahasta.

Berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: