Nama-nama Keturunan Prabu Siliwangi, Mulai dari Raden Kamandaka, hingga Sunan Gunung Jati

oleh -94.783 views
nama-nama-keturunan-prabu-siliwangi
Nama-nama keturunan Prabu Siliwangi. Foto sampel buku Hitam Putih Pajajaran/dok/radarcirebon.com

Radarcirebon.com – Nama-nama keturunan Prabu Siliwangi tidak seluruhnya tercatat. Namun, secara garis besar, dadi tiga istri dapat terlihat jelas silsilahnya.

Berbeda dengan nama-nama keturunan Prabu Siliwangi dari istrinya yang lain. Yang diriwayatkan menikah sampai 151 kali. Ada juga yang menyebutkan 52 kali.

Dari ketiga istri yang tercatat salam sejarah, nama-nama keturunan Prabu Siliwangi tertulis dengan jelas. Baik di jalur penerus Kerajaan Pajajaran, Cirebon, hingga ke Pasir Luhur, Banyumas.

Pernikahan Prabu Siliwangi dengan Nyi Ambetkasih dari Kerajaan Sindang Kasih, Majalengka, misalnya. Melahirkan nama-nama keturunan yang cukup tenar.

Baca juga:

Pertama adalah Banyak Cotro yang dikenal juga dengan Raden Kamandaka, dan kelak menjadi raja di kawasan Banyumas, Jawa Tengah (Jateng).

Adik dari Banyak Cotro yakni Banyak Ngampar atau Siliwarni alias Arya Gagak Ngampar. Anak ketiga dari istri Nyi Ambetkasih adalah Retna Ayu Mrana.

Nama-nama keturunan Prabu Siliwangi yang terkenal lainnya adalah dari garis pernikahan dengan Santri Syekh Quro yakni Nyi Subang Larang.

Berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: