Menag Pastikan Jamaah Haji Dapat Fasilitas Prima

oleh -24 views
jemaah-haji-2022
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kanan) mengecek fasilitas kamar jemaah haji di Makkah, Jumat (20/5). (HUMAS KEMENAG)

Radarcirebon.com, JAKARTA – Persiapan dan pelayanan perhajian di Arab Saudi, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas terjun langsung mulai kamar hotel untuk jemaah, dapur katering, sampai bus. Menag optimis seluruh fasilitas sudah siap menerima kedatangan jemaah pada 4 Juni nanti.

Yaqut meninjau langsung fasilitas hotel Al Khulafaa-3 yang berada di daerah Syisyah. Hotel itu memiliki kapasitas 800 jemaah. Kemudian, Hotel Tharawat Al Rawda di daerah Raudhah dengan kapasitas 499 jemaah. ”Saya pastikan hotel yang digunakan memadai. Fasilitasnya sesuai dengan standar kontrak,” kata Yaqut kemarin (20/5).

Fasilitas seperti lift, kamar mandi, sampai tempat mencuci baju. Secara keseluruhan, fasilitasnya berfungsi dengan baik. Ketersediaan air minum, ruang salat, serta ruang makan tak luput dari pemeriksaan.

Pesan Yaqut supaya kebersihan hotel selalu dijaga. Pengelola juga harus memperhatikan aspek keamanan dan kenyamaan jemaah. Dia mengingatkan masa tinggal jemaah di Makkah cukup lama, yaitu 25 hari.

BACA JUGA:

Dan untuk fasilitas bus, Yaqut juga puas. Usia bus kurang dari lima tahun sehingga cukup nyaman digunakan jemaah dalam perjalanan dari Madinah ke Makkah atau sebaliknya.

”Saya tadi sempat juga mencoba mengemudikan salah satu bus antarkota. Busnya memang masih sangat bagus,” tuturnya.

Fasilitas terakhir yang ditinjau Yaqut adalah dapur katering. Dia berharap makanan yang disajikan untuk jemaah menjaga cita rasa Nusantara. Untuk itu, bumbu atau rempah yang diolah didatangkan langsung dari Indonesia.

Berita berlanjut di halamanan berikutnya…

BACA JUGA: