Sejarah Rumah Makan Padang, Ada Hubungan dengan Cirebon, Restoran di Jl Pasuketan

oleh -831 views
sejarah-rumah-makan-padang
Sejarah rumah makan padang, terdokumentasikan dalam iklan Harian Pemandangan terbitan Batavia. Foto: Ist/radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON – Sejarah rumah makan Padang, ternyata tidak lepas dari Kota Cirebon. Di tahun 1973, sebuah restoran terdokumentasikan lewat sebuah iklan surat kabar.

Terdapat beberapa versi terkait sejarah rumah makan Padang. Salah satunya versi dari Suryadi Sunuri, dosen dan peneliti dari Universitas Leiden, Belanda.

Suryadi mengaitkan sejarah rumah makan Padang dengan sebuah iklan yang termuat dalam surat kabar di Cirebon pada tahun 1937.

Hal itu, sekaligus membuktikan bahwa rumah makan Padang sudah banyak berdiri di pelosok Nusantara. Khususnya Pulau Jawa.

Baca juga:

Dalam iklan surat kabar itu, jelas tertera tulisan  Rumah Makan Goncang Lidah di Jl Pasuketan Cirebon nomor 23. Tertulis dalam ejaan lama Padangsch Restaurant.

Iklan itu, juga menuliskan bahwa selama keramaian Muludan di Keraton Kanoman, Rumah Makan Padang Goncang Lidah membuka stan khusus.

Tertulis sebagai pemilik adalah Ismael Naim. Yang juga pemasang iklan di surat kabar harian tersebut. Disebutkan bahwa pariwara itu, ditayangkan selama beberapa bulan.

Berlanjut di halaman berikutnya…

Baca juga: