Kebersihan Kewajiban Semua, Mengubah Sampah Menjadi Berkah di Desa Weru Kidul

oleh -49 views
PEMENANG UNDIAN: Para pemenang undian logam mulia dari Toko Mas Pantes foto bersama dengan perasaan gembira

CIREBON-Program Mengubah Sampah Menjadi Berkah berkunjung ke Balai Desa Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jumat (10/6). Sebanyak 2 kuintal sampah terkumpul. Cirebon semakin katon bersihe.

Program kerja sama DLH Kabupaten Cirebon, Toko Mas Pantes dan Radar Cirebon ini telah memasuki edisi ketiga setelah libur Idulfitri kemarin.

Sebanyak 4 orang beruntung berhak membawa pulang logam mulia dari Toko Mas Pantes. Serta banyak warga lagi yang mendapatkan bingkisan menarik. Mereka adalah masyarakat sekitar yang terpilih undian dari mengumpulkan sampah.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DLH Kabupaten Cirebon, Fitroh Suharyono mengajak semua unsur yang terlibat untuk saling berkontribusi dalam menangani sampah di Kabupaten Cirebon. Karena masih banyak kendala yang dihadapi pemkab. Seperti sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya memadai.

BACA JUGA:

“Menjaga lingkungan hidup bukan untuk generasi sekarang saja, tapi titipan untuk anak dan cucu kita agar bisa menikmati keindahan alam yang asri dan segar di masa mendatang,” tutur Fitroh.

Pemkab Cirebon, imbuhnya, tak bisa bergerak sendiri dalam menangani sampah. Karena itu ia menyambut baik program mengumpulkan sampah anorganik yang bekerjasama dengan Toko Mas Pantes tersebut. Bermanfaat untuk keberlangsungan penanganan sampah. “Dari sampah bisa menghasilkan pendapatan bagi kita semua,” ucap Fitroh.

Sebelum sampah dikumpulkan, katanya, menjadi sangat ideal kalau terlebih dulu dilakukan pemilahan. “Kebersihan adalah hak kita semua, namun untuk menjaga kebersihan adalah kewajiban kita semua,” jelas Fitroh.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA: