APTRI Minta Gubernur Jabar Merevitalisasi Pabrik Gula

oleh -71 views
Ketua DPP APTRI Fatchuddin Rosyidi ditemui radarcirebon.com, Kamis (23/6/2022). FOTO:DEDI HARYADI/RADARCIREBON.COM

CIREBON-Sebanyak delapan pabrik gula yang ada di Jawa Barat, kini tinggal dua yang beroperasi. Kedua pabrik tersebut yakni, pabrik gula Subang dan Jatitujuh.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD APTRI Jawa Barat, Dudi Bahrudin saat menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) II APTRI Jawa Barat di salah satu hotel Jalan Pamitran, Kota Cirebon, Kamis (23/6/2022).

Dudi mengatakan, APTRI meminta Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk melakukan revitalisasi terhadap pabrik gula di Jawa Barat.

“Pabrik gula hanya ada dua di Jawa Barat yaitu pabrik gula BUMN, dan tidak ada pabrik gula swasta. Petani di Jawa Barat berharap pabrik gula di Jawa Barat bisa direvitalisasi kembali. Dengan pabrik gula direvitalisasi, maka petani lain akan berduyun-duyun kembali menjadi petani tebu,”katanya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Ketua DPP APTRI Fatchuddin Rosyidi menyebutkan, kebutuhan gula di Jawa Barat sebanyak 540 ribu ton.

“Kita di Jawa Barat saat ini hanya bisa menghasilkan sebanyak 70 ribu ton. Sebelumnya hanya mampu 50-60 ribu ton gula. Jadi kebutuhannya masih cukup jauh,”sebutnya.

Diakui Fatchuddin, pabrik gula di Indonesia khususnya di Jawa Barat dinilai sangat tua dan teknologinya perlu diperbaharui.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

BACA JUGA: