Wawali: Tagana Garda Terdepan dalam Penanganan Kebencanaan

oleh -11 views

CIREBON-Puluhan calon anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Cirebon mengikuti pelatihan.

Pelatihan calon anggota Tagana Kota Cirebon tersebut berlangsung di komplek kolam renang Catherine Surya, Bima Sunyaragi, Kota Cirebon, Rabu (22/6/2022).

Hadir dan sekaligus membuka pelatihan tersebut Wakil Wali Kota Cirebon Hj Eti Herawati didampingi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Cirebon Santi Rahayu.

Ditemui radarcirebon.com usai membuka pelatihan, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan, calon Tagana diharapkan menjadi garda terdepan dalam penanganan kebencanaan.

BACA JUGA:

Wirda Mansur ke Cirebon, Jumpa Fans, Menolak Diwawancara

“Tujuan penanggulangan bencana adalah untuk mengurangi risiko dan menekan dampak bencana terhadap masyarakat. Tagana adalah relawan sosial yang terlatih dan memiliki kepedulian dalam penanggulangan bencana. Oleh sebab itu, Tagana diharapkan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana,”katanya.

Eti menyebutkan, Pemkot Cirebon akan siagakan Tagana di Tiap Kelurahan

“Tagana harus terlatih dan tanggap menghadapi berbagai ancaman atau potensi bencana,”sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon Santi Rahayu menjelaskan, ada 44 orang dari 22 kelurahan yang mengikuti pelatihan calon Tagana.

“Mereka akan mengikuti pelatihan dari tanggal 22-26 Juni 2022. Para calon Tagana akan berlatih fisik, mental dan kesigapan menolong masyarakat dalam situasi bencana. Bahkan, mereka merupakan relawan yang tidak digaji oleh pemerintah yang siap sedia saat terjadi bencana,”jelasnya. (rdh)

BACA JUGA:

Rumahnya Didatangi Massa, Yusuf Mansur Update di Twitter, Begini Pesannya…