Buka Layanan TB-RO dan Thalasemia, RSUD Waled Jadi RS Rujukan ke-17 di Provinsi Jawa Barat

oleh -35 views
guNtiNg Pita: Kadinkes jawa Barat dr Nina Susana Dewi bersama dengan Bupati Cirebon Drs H imron mag, Direktur RSuD Waled dr m luthfi SpPD KHOm FiNaSim mmRS menggunting pita dalam peresmian Poliklinik tB-RO.

CIREBON- RSUD Waled kembali membuat terobosan dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Hal itu dibuktikan dengan melakukan launching layanan Poliklinik Tuberkulosis Resisten Obat (TB-RO) dan Thalasemia. Dengan peresmian ini, RSUD Waled menjadi RS rujukan ke-17 di Provinsi Jawa Barat dalam menangani pasien TB-RO dan Thalasemia.

Direktur RSUD Waled dr M Luthfi SpPD KHOM FINASIM MMRS mengatakan, pihaknya me-launching layanan Poliklinik TB-RO dan Thalasemia untuk membantu mengatasi kedua penyakit tersebut, dimana kedua penyakit tersebut cukup tinggi di Jawa Barat.

Selain itu, lanjut Luthfi, RSUD Waled mempunyai seluruh potensi untuk membuka kedua poliklinik tersebut. “Melihat potensi yang ada di Rumah Sakit Waled ini kenapa enggak kita untuk membantu pengembangan pelayanan di bidang Thalasemia dan Tuberkulosis resisten obat,” ujar Luthfi.

BACA JUGA:

Dijelaskannya, RSUD Waled sangat lengkap baik dari sisi SDM maupun peralatan medis untuk menangani TB-RO dan Thalasemia. “Kita sudah memiliki dokter ahlinya, hematologi mediknya sudah ada, konsultan kemudian ada dokter patologi klinik atau laboratorium konsultan darah juga, alatnya juga ada,” bebernya.

Ditegaskan Luthfi, RSUD Waled merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki fasilitas yang lengkap baik SDM maupun dari sisi diagnostik. “Makanya, kita berpikir untuk membantu pelayanan Thalasemia ini, karena kalau sudah Thalasemia itu tidak bisa disembuhkan kemudian beban pembiayaan tinggi. Screening dan pelayanan kita optimalkan, termasuk juga Tuberkulosis,” ujarnya.

Dengan dibukanya layanan TB-RO dan Thalasemia, lanjut Luthfi, RSUD Waled menjadi salah satu dari 17 rumah sakit rujukan dua penyakit tersebut di Jawa Barat. “Jumlah rumah sakit di Jawa Barat itu ada sekitar 300-an, dan RS Waled menjadi salah satu dari 17 RS Rujukan TB-RO dan Thalasemia di Jawa Barat,” ungkapnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA: