25 Februari, Aplikasi Moments Facebook Ditutup

Setelah gagal menarik banyak pengguna, Facebook akan menutup aplikasi Moments yang mereka rancang untuk membagikan foto dengan teman mulai 25 Februari.

“Kami menghentikan dukungan untuk aplikasi Moments, yang semula kami luncurkan sebagai tempat untuk menyimpan foto,” kata Direktur Manajemen Produk untuk Moments, Rushabh Doshi, seperti dilansir CNET, Kamis, 24 Januari 2019.

Moments digunakan sejak 2015 lalu untuk membagikan foto yang disimpan di ponsel tanpa harus mengunggahnya ke media sosial Facebook. Konsep berbagi foto dengan Moments mirip dengan Google Photos, agar pengguna bisa membagikan foto ke banyak orang sekaligus secara mudah.

Sayangnya, popularitas aplikasi berbagi foto ini tidak sebaik produk lainnya dari Facebook, seperti Instagram. Facebook hanya menyatakan jumlah pengguna Moments sedikit, namun, mereka menolak untuk memberikan angka berapa jumlah pengguna aplikasi tersebut.

Firma analisis Sensor Tower menyatakan sejak diluncurkan, aplikasi tersebut diunduh oleh 87 juta pengguna di App Store dan Google Play Store.

Moments berjaya pada Juni 2016 lalu, aplikasi diunduh 10,7 juta kali pada bulan tersebut. Desember 2018 lalu, jumlah unduhan Moments menyusut hanya 150.000.

Sebelum ditutup, Facebook meminta para pengguna untuk mengunduh kembali foto-foto yang pernah diunggah ke Moments. Akses ini akan diberikan hingga Mei 2019.

Pengguna juga bisa mengunggah foto di Moments ke Facebook. Facebook memberi pilihan agar hanya sang pemilik yang bisa melihat foto tersebut.