25 Pemain Timnas Indonesia Jalani TC di Bulan Ramadan

SIMON-PELATIH-TIMNAS
SImon McMenemy memanggil 25 pemain untuk TC jelang dua laga uji coba. FOTO: BOLASCOR.COM

JAKARTA – Timnas Indonesia kembali menggelar pemusatan latihan alias TC. Ada 25 pemain yang dipanggil pelatih Simon McMenemy jelang FIFA Match Day pada Juni 2019 mendatang. Dalam agenda FIFA itu, Skuad Garuda –julukan Timnas Indonesia- akan melawan tuan rumah Yordania pada 11 Juni, dan menjamu Vanuatu pada 15 Juni.

TC dilakukan di Stadion Wibawa Mukit, Cikarang, 31 Mei 2019. Proses latihannya digelar malam hari karena sebagian besar pemain menjalankan ibadah puasa Ramadan di siang harinya.

Menurut Simon, TC tersebut tidak berlangsung lama. Sebab, pemain akan dipulangkan menjelang Hari Raya Idul Fitri sebelum akhirnya kembali berkumpul dan bertolak ke Amman, Yordania, 6 Juni mendatang.

Untuk jangka panjang, memang, persiapan terus dilakukan oleh Timnas Indonesia menjelang kualifikasi Piala Dunia 2022. Babak kedua kualifikasi berlangsung pada 5 dan 10 September 2019. Akan tetapi, siapa lawan yang akan dihadapi oleh Indonesia dalam babak kualifikasi tersebut masih menunggu undian dan kualifikasi babak pertama, Juni nanti.

Menurut asisten pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena, uji coba menghadapi Yordania dan Vanuatu, bakal dijadikan sebagai ajang uji kemampuan. Yordania merupakan salah satu tim yang peringkatnya di atas Indonesia. Sedangkan Vanuatu masih di bawah Indonesia.

Pada drawing kualifikasi nanti, Indonesia berada dalam pot 3. Artinya, akan ada tim yang berada di pot unggulan 1 dan 2. Kebanyakan pot 1 dan 2 berasal dari semenanjung Arab. Oleh karena itu, pihaknya memilih Yordania yang notabenya ranking FIFA lebih tinggi untuk lawan tanding.

Yeyen mengharapkan adanya sinergi antara tim nasional dan pelatih di klub mengenai pemain tim nasional.
Di bawah asuhan Simon McMenemny ajang uji coba menghadapi Yordania dan Vanuatu menjadi yang kedua dan ketiga kalinya.

Sebelumnya pada 25 Maret 2019, lalu, Simon telah sukses membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-0 dalam laga uji coba internasional menghadapi Mynamar. Greg Nwokolo dan Ilija Spasojevic menjadi bintang kemenangan Indonesia dengan menyumbangkan masing-masing satu gol. (mid)

Berita Terkait