3 Partai Lama dan 4 Partai Baru Terancam Tak Lolos ke Senayan

ILUSTRASI

JAKARTA-Kejutan juga terjadi di perolehan Pileg 2019. Data yang berkembang hingga tadi malam, ada 7 parpol terancam tak lolos ke senayan karena tidak dapat menembus ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen. Tujuh parpol itu terdiri dari tiga partai lama dan 4 partai baru.

Tiga partai lama adalah Hanura yang mengumpulkan 1,44 persen suara, Partai Bulan Bintang (PBB) 0,71 persen, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mengumpulkan 0,23 persen suara. Sedangkan 4 parpol pendatang baru adalah Partai Berkarya mengumpulkan 2,07 persen, PSI meraih 2,07 persen suara, Perindo hanya mampu mengumpulkan 2,77 persen, dan Partai Garuda meraih 0,5 persen suara.

Sementara itu, PDIP untuk sementara memimpin perolehan suara dengan raihan 20,18 persen suara. Gerindra menduduki peringkat kedua dengan 12, 35 persen suara. Sedangkan peringkat ketiga ditempati oleh Golkar dengan 12,20 persen suara..

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku yakin berdasarkan hasil exit poll, partai berlambang beringin itu berada di peringkat dua dalam Pemilu 2019. “Hasil exit poll Partai Golkar tentu kami ambang batas parlemen sudah diperkirakan dan realitasnya sudah terlampaui. Tinggal menunggu posisi kedua, kelihatannya sudah kelihatan,” tutur Airlangga Hartarto di Gedung D, Jakarta Theater, Jakarta.

Meski telah yakin dengan informasin yang diperoleh, Partai Golkar disebutnya masih menunggu penghitungan pemilihan legislatif secara resmi oleh KPU. Mekanisme perhitungan di tempat pemungutan suara (TPS), kata Airlangga, dimulai dengan itu pemilihan umum presiden hingga selesai, baru penghitungan pemilihan umum legislatif sehingga pihaknya harus bersabar menunggu hasil pasti. (ful/fin)