30 Maret Ada Kirab Budaya dan Pameran Kepariwisataan

HARI JADI: Pemkab Cirebon melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon akan menyelenggarakan kirab budaya dan pameran kepariwisataan 2019 dengan tema 'Budaya Cerbon Tan Anna Sirna' pada tanggal 30 Maret-1 April 2019 di GOR Ranggajati Sumber-Cirebon. FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON
HARI JADI: Pemkab Cirebon melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon akan menyelenggarakan kirab budaya dan pameran kepariwisataan 2019 dengan tema 'Budaya Cerbon Tan Anna Sirna' pada tanggal 30 Maret-1 April 2019 di GOR Ranggajati Sumber-Cirebon.FOTO: NUR VIA PAHLAWANITA/RADAR CIREBON

CIREBON-Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-537 Kabupaten Cirebon tahun 2019. Pemkab Cirebon melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Cirebon akan menyelenggarakan kirab budaya dan pameran kepariwisataan 2019 dengan tema ‘Budaya Cerbon Tan Anna Sirna’ pada tanggal 30 Maret-1 April 2019 di GOR Ranggajati Sumber-Cirebon.

Kepada Radar Cirebon, Kepala Disbuparpora Kabupaten Cirebon Drs H Hartono MM melalui Kepala Seksi Jasa dan Promosi Bidang Pariwisata, Dewi Rosmala SE MSi menyampaikan, kirab budaya tersebut akan diikuti lima daerah yakni Kabupaten Subang, Indramayu, Sumedang, Kuningan, Majalengka serta 40 kecamatan se-Kabupaten Cirebon.

“Kegiatan ini bukan hanya untuk melestarikan kesenian dan budaya Kabupaten Cirebon. Tapi juga mempromosikan dan mengenalkan potensi pariwisata di Kabupaten Cirebon.

Kegiatan ini diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Juga agar budaya tetap lestari tidak punah termakan zaman,” ungkap Dewi saat dijumpai Radar Cirebon di kantornya, Selasa (12/3).

Menurutnya, kegiatan tersebut juga sebagai salah satu bentuk implementasi kesenian dan budaya, khususnya budaya dari berbagai aspek kehidupan yang ada di Kabupaten Cirebon. Sekaligus menjadi ajang dalam mengedukasi serta menarik minat para generasi muda.

Untuk itu, acara tersebut harus mendapat dukungan dari semua pihak. “Karena Kabupaten Cirebon kaya akan seni dan budaya, sehingga semakin semarak pentas. Tentunya bukan hanya akan banyak destiniasi wisata, namun juga dapat membawa kesejahteraan warga,” tuturnya.

Pihaknya berharap, dengan ditampilkannya kesenian dan budaya yang hampir punah, generasi muda bisa untuk menggali dan mengoptimalkan tentang seni tradisional maupun yang hampir punah itu. “Untuk acara Kirab Budaya Cirebon 2019, acara akan dimulai dari depan Kodim 0620 dan berakhir di GOR Ranggajati Sumber,” pungkas Dewi. (via)