30 Persen Pemilik Kendaraan Tidak Taat Bayar Pajak

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs H Rahmat Sutrisno MSi memberikan sambutan sambutan di kegiatan Diskominfo Award, Rabu (21/8). FOTO: YUDA SANJAYA/RADAR CIREBON
Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs H Rahmat Sutrisno MSi memberikan sambutan sambutan di kegiatan Diskominfo Award, Rabu (21/8).FOTO: YUDA SANJAYA/RADAR CIREBON

CIREBON-Ketaatan masyarakat dalam pembayaran pajak daerah belum sepenuhnya terbangun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs H Rahmat Sutrisno MSi mengungkapkan, sekitar 25-30 persen menunggak pajak kendaraan. Untuk meningkatkan perolehan pajak kendaraan tersebut, Gubernur Jawa Barat telah mengambil langkah-langkah.

Salah satunya menyediakan event apresiasi, kepada siapapun daerah yang membantu untuk pajak daerah ini akan diapresiasi. “Kabupaten Cirebon telah bergerak akan membantu hal ini. Sejauh ini ada 15 kecamatan yang mendapatkan penilaian baik,” kata Rahmat, dalam sambutan di kegiatan Diskominfo Award, Rabu (21/8).

Disebutkan dia, di Kabupaten Cirebon ada 10 kecamatan yang masuk finalisasi dan Kecamatan Suranenggala yang mendapatkan dinilai layak mendapatkan penghargaan. Pembayaran pajak ini dibantu juga perbankan, karena Bank BJB menyediakan aplikasi dan sistem pembayarannya.

Menurutnya, digitalisasi sistem pembayaran di tingkat kecamatan dan desa dapat menggerakkan perekonomian di tingkat mikro. (yud)

Berita Terkait