oleh

5 Hektare Lahan di Beber Terbakar

CIREBON-Sekitar 5 hektare lahan di RT 03 RW 05, Blok Pon, Desa/Kecamatan Beber, terbakar Jumat siang (11/15) sekitar pukul 11.15. Lahan yang terbakar merupakan area kosong yang ditumbuhi ilalang, rumput kering, dan bambu.

Eno Sujana Kasi Tanggap Darurat Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon mengakatan pihaknya mendapatkan laporan dari Polsek Beber.  ”Kita terjunkan dari Pos Jaga Sumber dan Pos Jaga Weru untuk pemadaman. Kita juga dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon dan Polsek Beber serta Koramil Beber untuk melakukan pemadaman,” papar Eno.

Petugas, kata Eno, sempat mengalami kesulitan karena medan yang curam. Ditambah lagi cuaca terik dan angin kencang membuat api terus menyebar ke dahan kering lainnya. Hal itu membuat kebakaran terus melebar hingga menghanguskan 5 hektare.

“Sempat kesulitan pemadamannya. Tapi alhamdulilah api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.10 WIB. Dalam 3 jam pemadaman itu kita menghabiskan 6 tanki air mobil pemadam. Akibat kejadian itu, luas lahan yang terbakar sekitar 5 hektare,” katanya.

Menurut Eno, dari hasil informasi yang dihimpun olehnya penyebab kebakaran lahan tersebut dari ulah masyarakat yang membakar sampah. Api kemudian ditinggalkan sehingga menyebar ke semak dan membuat api semakin besar. “Kalau penyebabnya diduga dari oknum warga yang membakar sampah, api kemudian membesar mengenai semak yang sudah kering dan ke pohon bambu,” ucapnya.

Eno juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Cirebon agar hati-hati saat membakar sampah. Selain itu, bagi perokok agar tak membuang puntung rokok sembarangan. “Jagalah lingkungan, jangan buang puntung rokok sembarangan. Jangan asal bakar sampah,” pesan Eno. (cep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed