527 Blangko Ijazah Dibakar

DIBAKAR: Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka membakar blangko ijazah SMP di halaman kantor, Senin (13/5). FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA
DIBAKAR: Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka membakar blangko ijazah SMP di halaman kantor, Senin (13/5).FOTO: ANWAR BAEHAQI/RADAR MAJALENGKA

MAJALENGKA-Sisa blangko ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran 2017-2018 dimusnahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka.

Kepala Bidang Pendidikan SMP Dr H Heri Rahyubi SPd MPd mengungkapkan blangko ijazah dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Proses pembakaran dilaksanakan di halaman Dinas Pendidikan disaksikan oleh aparat kepolisian dari Polsek Majalengka Kota,” ungkapnya Senin(13/5).

Heri menjelaskan jumlah blangko Izasah yang dimusnahkan mencapai 527 lembar. Pemusnahan blanko ijazah ini dilakukan untuk mengantisipasi pemalsuan ijazah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Sebelumnya pemusnahan sempat akan dilaksanakan di provinsi. Namun karena belum juga ada informasi lebih lanjut, sesuai instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sisa blangko ini dibakar,” ujarnya.

Dari 527 lembar blangko, 461 di antaranya adalah sisa blangko. Kemudian 66 lembar masuk dalam kategori pengembalian akibat kesalahan dalam penulisan.

“Semuanya kita musnahkan dengan cara dibakar,” lanjutnya.

Mengenai temuan ijazah palsu, ia mengakui hingga saat ini Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka  belum menemukan kasus ijazah palsu. Namun, kata dia, langkah antisipasi harus terus dilakukan. (bae)