60 Perempuan Tani Dilatih Membuat Pupuk Kompos

Wanita Tani Desa Tersana Kecamatan Sukagumiwang mengikuti pelatihan pembuatan pupuk kompos di aula BPP Sukagumiwang.FOTO:NANG SYAHRONI/ RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Sebanyak 60 wanita tani Desa Tersana, Kecamatan Sukagumiwang dilatih membuat pupuk kompos. Kegiatan yang digelar di kantor BPP Sukagumiwang tersebut sebagai langkah BPP dan penyuluh untuk menciptakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang mengoptimalkan lahan pekarang rumah yang kosong.

Sugianto SP selaku petugas PPL Desa Tersana mengatakan pada pelatihan pembuatan pupuk kompos wanita tani diberikan keterampilan untuk memanfaatkan lahan pekerangan rumah dengan tanaman produktif, tanaman yang dapat dijadikan bahan konsumsi ataupun memiliki nilai jual termasuk memanfaatkan lahan untuk membuat pupuk kompos. Sehingga tak hanya sebagai sumber bahan pangan tambahan bagi keluarga, lahan pekarangan yang kosong itu bisa membantu perekonomian masyarakat.

“Agar program KRPL terwujud, kami jelaskan cara membuat pupuk kompos, yang bahan-bahannya ada di sekitar. Sehingga nanti mereka tidak lagi kebingungan,” ujarnya.

Melalui perlatihan ini diharapkan nantinya para petani bisa memakai pupuk hasil buatannya sehingga tidak memakan biaya pemupukan.

Sementara, peserta pelatihan, Toyibah (45) mengatakan pelatihan pembuatan pupuk kompos merupakan hal baru baginya. Setelah mendapat pemaparan, ia mengaku lebih paham tentang tata cara membuat kompos dan bahan-bahan apa saja yang dapat digunakan untuk pupuk tanaman.

“Ini jadi pengalaman baru bagi saya dan teman-teman. Apalagi pekarangan rumah kami ini hanya ditumbuhi rumput. Nanti akan kami sulap menjadi lahan yang produkti dan ditanami dengan tanaman yang bisa kami konsumsi dan dijual,” tuturnya. (oni)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait