600 Orang Tandatangan Petisi Dukung Nama KH Abdul Halim untuk BIJB

Pesawat Citilink saat akan takeoff di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. FOTO: DOK.RADARCIREBON.COM
Pesawat Citilink saat akan takeoff di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.FOTO: DOK.RADARCIREBON.COM

MAJALENGKA-Tak lama setelah Ridwan Kamil menanyakan pendapat mengenai penggunaan nama BJ Habibie sebagai nama BIJB, kini muncul petisi untuk menghimpun dukungan netizen atas pemberian nama KH Abdul Halim sebagai nama Bandara Kertajati.

Petisi berjudul Jadikan Nama Pahlawan Nasional Asal Majalengka, Abdul Halim, sebagai Nama BIJB Kertajati, dibuat oleh Asep Jajuli, Kamis (19/9) malam melalui situs change.org.

Petisi ditujukan kepada lima lembaga, diantaranya kepada Jokowi (Presiden RI), Kementerian Perhubungan, Komisi V DPR-RI, DPRD Jawa Barat, dan DPRD Majalengka. Petisi itu telah ditandatangani oleh hampir 600 pendukung.

Dalam kolom deskripsinya, pemosting menuliskan hal-hal yang bisa dipertimbangkan untuk menjadikan KH Abdul Halim sebagai nama bandara Kertajati.

“Di Majalengka, terdapat tokoh nasional yang sudah berjuang sebelum era Kemerdekaan RI, nama nya KH Abdul Halim Iskandar, beliau merupakan anggota BPUPKI dan sdh mendapat gelar Pahlawan Nasional di era Presiden SBY. Beliau juga pendiri ormas Persatuan Umat Islam (PUI) yang sangat mengakar khususnya di Jawa Barat,” tulis Asep Jajuli.

Sementara Ketua PD PUI Majalengka yang juga Cicit KH Abdul Halim, H Asep Zaki Mulyatno membenarkan adanya petisi yang dibuat di situs jajak pendapat tersebut. Namun, bukan oleh lembaganya melainkan oleh salah satu kader atau pengurus PUI secara perorangan untuk menjaring respons dan dukungan publik.

Adapun sikap lembaganya tidak mempersoalkan adanya petisi jajak pendapat ini. Namun, secara formal lembaganya menjadi salah satu pemrakarsa dan pengusul nama KH Abdul Halim untuk penamaan bandara, yang rekomendasi usulan telah disampaikan ke Kemenhub melalui Komisi V DPR-RI. (azs)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait