Affiati, Ketua DPRD Perempuan Pertama di Kota Cirebon

Affiati AMa, Ketua DPRD Kota Cirebon. FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON
Affiati AMa, Ketua DPRD Kota Cirebon.FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Ketua DPRD definitif Kota Cirebon, Affiati AMa resmi diumumkan melalui rapat paripurna 9 September  lalu. Bahkan saat ini SK Affiati sebagai Ketua DPRD Kota Cirebon periode 2019-2024 dari Fraksi Partai Gerindra sedang diproses di Pemprov Jawa Barat.

Dalam hitungan hari SK Affiati akan turun dari Gubernur Jawa Barat. Affiati sebagai Ketua DPRD dan akan segera dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Cirebon bersama 2 orang wakil ketua DPRD yakni Fitria Pamungkaswati dan M Handarujati Kalamullah SSos.

Terbitnya SK DPP Gerindra Nomor: 08-0071/Kpts/DPP-GERINDRA/ 2019 tertanggal 5 Agustus 2019, yang menetapkan Affiati sebagai ketua DPRD dan Ruri Tri Lesmana sebagai Ketua Fraksi, membuat Affiati  harus belajar cepat menyesuaikan diri di Griya Sawala.

Sikap Affiati begitu DPP menetapkan namanya sebagai Ketua DPRD melalui SK DPP yang ditandatangani Ketua Umum Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani sejak tanggal 5 Agustus 2019, Affiati hanya menjawab Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun.

Menurut Affiati jabatan sebagai ketua DPRD adalah amanah dan itu sebelumnya tidak pernah terbayangkan dalam benaknya. Apalagi jabatan sebagai Ketua DPRD  yang akan diembannya. “Hanya bisa mengucapkan Innaillahi wainna ilaihi rojiun, karena segala sesuatu akan kembali kepada Allah,” kata Affiati.

Wanita yang memiliki 2 putra dan 2 putri ini tidak pernah menyangka sebelumnya bisa terjun ke dunia politik. Saat pencalegan, Affiati awalnya tidak terlalu serius menanggapi saran sang suami tercinta Zaenal Muttaqin  yang meminta dirinya mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Kota Cirebon melalui Partai Gerindra.

Bahkan, saat mendekati batas akhir pendaftaran caleg Affiati sempat dikontak Lenny Maryani Ketua Perempuan Indonesia Raya (PIRA) yang juga merupakan sayap Partai Gerindra untuk segera mendaftar. Dan, Affiati awalnya tidak terlalu berminat. Namun suaminya terus meyakinkan dan memberikan support penuh.

Halaman: 1 2
[adrotate banner="13"]

Berita Terkait