Agustus, Pertamina Tambah Pasokan 200 Persen Gas Melon

ILUTRASI-GAS ELPIJI
ILUTRASI-GAS ELPIJI

CIREBON-Sejumlah pembaca Radar Cirebon mengeluhkan ketiadaan gas kemasan 3 kilogram (kg), lewat rubrik SMS Pembaca. Kesulitan mencari gas melon terjadi di sebagian wilayah Kota maupun Kabupaten Cirebon.

Unit Manager Communication and Corporate Social Responsibility Pertamina MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan permintaan pada Bulan Agustus ini. Pasalnya bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha dan HUT RI Ke-74. Pertamina MOR III menambahkan pasokan LPG hingga 200 persen dari pasokan normal. “Ini untuk wilayah Ciayumajakuning. Untuk rata-rata pasokan normal sekitar 187 ribu tabung per harinya,” ujarnya kepada Radar Cirebon.

Disebutkannya, untuk menghadapi Hari Raya Idul Adha penambahan penyaluran elpiji 3 kg sebanyak 100 persen dari alokasi harian normal. Alokasinya dibagi selama 4 hari, yakni tanggal 6, 9, 13, dan 22 Agustus 2019.

Penambahan pasokan oleh Pertamina, seiring dengan meningkatnya permintaan warga menjelang dua hari besar tersebut. Pertamina juga telah membentuk Satgas untuk Idul Adha sejak Jumat (9/8), yang siaga untuk memenuhi sekaligus memantau penyaluran elpiji dan BBM di wilayah Indonesia termasuk wilayah Jawa Barat.

“Kami tegaskan kembali, sesuai dengan Permen ESDM 26/2009 Tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG, bahwa LPG Subsidi 3 KG diperuntukkan bagi masyarakat pra sejahtera dan usaha mikro,” ucapnya.

Untuk pihaknya menghimbau kepada masyarakat mampu, agar menggunakan LPG Non Subsidi seperti Bright Gas 5,5 kg dan LPG 12 KG, sehingga penggunaan LPG subsidi bisa tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Sementara pemilik pangkalan gas elpiji di Jagasatru Ibu Emi mengatakan, pasokan elpiji yang diterimanya masih tetap. Yakni sekitar 100 tabung untuk tiga hari, tidak ada keterlambatan pengiriman. Hanya saja stok elpiji yang dijual lebih cepat habis dari biasanya. “Belum ada penambahan, mungkin karena saya juga tidak memintanya. Untuk stok cepat habis dan pengiriman menunggu tga hari kemudian sesuai jadwal,” pungkasnya. (gus)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait