AJ1 Full Custom Paint, Jadi Kado Ultah Terbaik

RPADUAN SPESIAL: Freme Wdnsdy AJ 1 memadukan freeband paint jon dan water decol sticker. FOTO: MAINSEPEDA.COM
RPADUAN SPESIAL: Freme Wdnsdy AJ 1 memadukan freeband paint jon dan water decol sticker.FOTO: MAINSEPEDA.COM

KEMAL Mawira tidak menyangka hadiah ulang tahunnya yang ke-40 sangat spesial. Memang bukan hadiah yang kejutan dari sang istri, Karina Stephanie, tapi tetap Kemal girangnya bukan main.

“Waktu itu malam-malam kita sedang makan es krim di Ubud, Bali. Tiba-tiba Karina bilang aku akan kasih kamu hadiah ulang tahun sebuah sepeda, tapi kamu harus mengecatnya something special!” cerita Kemal yang berulang tahun setiap tanggal 5 Juli.

Tak lama setelah itu, Karina memberi contoh paint job dan tema yang luar biasa di salah satu website, termasuk ide untuk mengaplikasikan lukisan Andy Warhol.

Sejak malam itu, imajinasi Kemal tidak bisa diam. Dirinya langsung teringat dengan sang kawan yang berprofesi sebagai desainer yang memang super kreatif dan rapi. Namanya Nurmi Pandit. “Pandit selalu bilang bahwa ini bukan bukan frame sepeda tapi ini adalah karya seni,” bilang Kemal.

Pandit tidak sendiri. Dia menggandeng teman yang memang piawai dalam hal pengecatan. “Tapi dia tidak mau disebut namanya. Yang pasti frame Wdnsdy AJ1 milik Kemal ini memadukan freehand paint job dan water decal sticker,” bilang Pandit.

Pandit mengusulkan ke Kemal untuk merumuskan gambar dan tema-tema pribadi Kemal ke dalam frame ini. Karina dan Pandit menyodorkan desain paduan pelukis Andy Warhol dengan Roy Lichtenstein sebagai konsep dasar custom paint job ini.

“Konsep itu mengingatkan kita untuk selalu bahagia, tidak stres, nikmati masa lalu, nikmati masa sekarang, dan terus bersyukur atas hari ini. Juga konsep warna ini menggambarkan kegembiraan dan keceriaan seperti anak kedua saya, Kyara,” tutur Kemal.

Setelah ditemukan konsep dan warna frame utama, barulah Pandit memasukkan unsur pribadi Kemal ke frame ini. Kemal cinta mati dengan klub sepak bola Liverpool jadi kata-kata You’ll Never Walk Alone (YNWA) juga dimasukan.

Menurutnya, Liverpool kerap menunjukkan semangat, kerjasama tim, dan pantang menyerah. Kebetulan di tahun ini, ketika berusia 40 tahun, Liverpool menang 4-0 ada Barcelona dan membawa pulang piala 2019 UCL.

Di top tube terdapat tulisan Rise Up Rise Unafraid dan You Are Born to Shine. “Dua kalimat itu adalah stiker pemberian anak pertama saya, Katyana yang sering dia tempelkan di sepeda saya dulu saat saya mengikuti balap sepeda atau acara touring sepeda. Dan kalimat itu ampuh mengembalikan semangat saya ketika letih bersepeda dan kaki sudah kaku,” bilang Kemal.

Angka “7” juga tertera di frame ini. Menurut Kemal, angka itu adalah angka favoritnya selama 25 tahun terakhir. “Terinspirasi dari legenda pemain bola,” tukasnya.

Hasilnya? Maksimal banget sebagai sebuah karya seni! Memang beginilah seharusnya melakukan custom paint job pada sebuah sepeda. Tidak hanya mengganti warna, tapi sekaligus dimasukkan aspek pribadi dan full custom yang terkonsep dan terarah. (*)