Ajak Pelajar Tingkatkan Budaya Baca

DUTA-BACA
AYO BACA: Bunda Literasi Ika Purnama bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan mengajak generasi muda supaya gemar membaca. FOTO: AGUS PANTHER/RADAR KUNINGAN

KUNINGAN – Bunda Literasi Kabupaten Kuningan Ika Acep Purnama mengajak anak-anak muda khususnya pelajar, untuk meningkatkan budaya membaca. Momen itu disampaikan Bunda Ika, ketika menyambangi SMAN I Cigugur dalam kegiatan Duta Baca Goes To School.

Dalam kesempatan itu, Bunda Ika sempat bercerita dengan memanfaatkan boneka sebagai alat peraga penyampaian pesan-pesan positif. Hal itu menjadi keunikan tersendiri, sebab kini mulai jarang ditemukan pembelajaran dengan menggunakan media seperti boneka.

Bahkan, salah seorang siswa SMAN I Cigugur dikukuhkan sebagai duta baca tingkat sekolah oleh Bunda Ika. Pengukuhan itu disaksikan langsung Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kuningan, Ucu Suryana.

Bunda Literasi Kuningan Ika Acep Purnama dalam keterangan persnya, Sabtu (25/5), menyampaikan, rasa terima-kasihnya kepada pihak SMAN I Cigugur yang telah berkenan menerima kunjungan kerjanya tersebut.

“Saya bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan berterimakasih, karena diberi kesempatan untuk hadir menyapa anak-anak sekolah disini. Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Duta Baca Kuningan, sekaligus dalam pelaksanaan kegiatan Duta Baca Goes To School,” ungkapnya.

Tak hanya terhadap pihak sekolah, Ika secara pribadi, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, atas program unggulan Kuningan Bercahaya (Kuningan Belajar dan Membaca).

“Saya sangat apresiasi kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan yang telah merencanakan program Kuningan Bercahaya yaitu Kuningan Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat. Jelas program ini bertujuan untuk meningkatkan gerakan literasi di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Sebagai Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, Ika tentunya terus berupaya untuk mewujudkan Kuningan Bercahaya dalam rangka meningkatkan minat budaya baca masyarakat, terutama di kalangan pelajar.

“Untuk itu, saya berharap pihak sekolah dapat mendukung program literasi baik yang dicanangkan oleh pemerintah pusat seperti Gerakan Literasi Sekolah (GTS), maupun program yang dicanangkan oleh pemerintah daerah seperti program Kuningan Bercahaya,” pintanya.

Dia berharap, agar kegiatan Duta Baca Goes to School yang digagas Paguyuban Duta Baca Kuningan dapat mewujudkan generasi muda terpelajar yang berkualitas. Sehingga dapat mewujudkan visi pemerintah daerah menuju Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) berbasis desa tahun 2023. (ags)

Berita Terkait