Akper Buntet Gelar Lompa PMR

KOMPETITIF: Sejumlah pelajar tengah mengikuti lomba keterampilan tandu cepat yang diselenggarakan oleh Akper Buntet Pesantren Cirebon. FOTO: Mohamad junaedi/radar Cirebon
KOMPETITIF: Sejumlah pelajar tengah mengikuti lomba keterampilan tandu cepat yang diselenggarakan oleh Akper Buntet Pesantren Cirebon.FOTO: Mohamad junaedi/radar Cirebon

CIREBON–Berbagai cara dilakukan untuk membina dan mengasah kemampuan hidup generasi muda. Salah satunya dengan menggelar lomba Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira dan Madya.

Hal ini dilakukan oleh Akademi Keperawatan (Akper) Buntet Pesantren Cirebon, kemarin (24/3).

Menurut Direktur Akper Buntet Pesantren Cirebon, R Deni Indrawan Skep Ners MM, tujuan dari lomba ini sebagai wahana pembinaan anak muda melalui pendekatan prestasi. Sehingga, keterampilan para anggota PMR akan terus meningkat.

“Kami ingin memberi motivasi. Dengan meningkatkan kemampuan dan terampilan, maka mereka akan berprestasi,” tuturnya.

Kemudian, lomba ini juga sebagai upaya Akper Buntet Pesantren Cirebon menumbuhkembangkan rasa kepedulian dan kemanusiaan para generasi muda terhadap sesamanya.

“Ketika mereka punya prestasi dan keterampilan ini, harus digunakan untuk menolong sesama ketika dibutuhkan,” imbuhnya.

Paling penting, dihelatnya lomba ini, merupakan ajang silaturahmi, solidaritas dan persaudaraan antarkader PMR di wilayah Ciayumajakuning.

“Mereka bisa saling kenal dan akrab melalui ajang lomba ini meski mereka secara profesional bersaing untuk mendapatkan prestasi,” tegasnya.

Lomba ini merupakan kali pertama digelar oleh Akper Buntet Pesantren dan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-23. Jumlah peserta yang ikut dalam lomba sebanyak 350 orang dari 23 SMP/MTs dan SMA/SMK/MA.

Mereka dibagi dalam cabang lomba Olimpiade PMR, lomba pertolongan pertama, lomba remaja sehat peduli sesama (penyuluhan) dan lomba keterampilan tandu cepat. Para peserta ini memperebutkan piala bergilir Akper Buntet Pesantren Cirebon.

Insya Allah, tahun depan kami buat acara dengan lebih meriah lagi,” terang Deni.

Deni berharap, lomba ini memberikan dampak yang positif dan manfaat bagi masa depan generasi muda di masa yang akan datang. “Semoga pendekatan prestasi bisa menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus berbuat lebih baik,” pungkasnya. (jun)