Alhamdulillah, Petani Karanganyar Dapat Hibah Mesin Perontok Padi

Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono ST memberikan mesin perontok padi atau power thresher kepada petani di Desa Karanganyar Kecamatan Panguragan. FOTO:ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON
Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono ST memberikan mesin perontok padi atau power thresher kepada petani di Desa Karanganyar Kecamatan Panguragan.FOTO:ADE GUSTIANA/RADAR CIREBON

CIREBON-Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono ST memberikan power thresher kepada para petani di Desa Karanganyar Kecamatan Panguragan. Hibah empat mesin perontok padi itu diberikan bertepatan dengan peringatan hari jadi Desa Karanganyar.

Ono menuturkan, bantuan itu sesuai dengan program pemerintah pusat melalui kementerian pertanian. “Grabagan atau power thresher diberikan kepada para petani dengan usia lanjut agar dapat mempermudah pekerjaan mereka yang tenaganya sudah mulai berkurang,” ujarnya.

Menurutnya, mesin perontok padi ini bermanfaat bagi petani, karena memang tenaga petani sekarang sudah mulai berkurang. “Banyak petani yang sudah sepuh yang saat muda belum jadi petani. Sehingga teknologi pertanian melalui power thresher ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Ono.

Lebih lanjut, dikatakan politisi dari PDIP ini, untuk mendorong produktivitas petani, beberapa waktu yang lalu, pera petani juga telah mendapatkan traktor roda 2 dan roda 4. Dikatakan Ono, hal itu sesuai dengan Desa Karanganyar yang berbasis pertanian dan peternakan.

Dirinya berharap, agar para petani dapat memanfaatkan alat yang telah diberikan. Sehingga dapat mengurangi biaya yang biasa mereka keluarkan untuk menyewa alat-alat pertanian. “Sehingga dapat menambah penghasilan dan menambah kesejahteraan para petani, termasuk juga keluarganya,” katanya.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Karanganyar Muhammad Yakub SH. Dirinya berharap, petani dapat lebih mudah dalam mengolah gabah yang nantinya dipanen para petani. Sehingga dapat memaksimalkan hasil panen yang di dapatkan.

“Alhamdulillah, terima kasih. Semoga dengan diberikannya alat bantu pertanian, mereka (petani, red) dapat lebih semangat lagi dalam mencari nafkah untuk keluarganya. Dan semoga produktivitas petani dalam mengolah lahan pertanian dapat lebih meningkat. Selain dapat mensejahterakan perekonomian mereka, diharapkan ekonomi desa juga ikut tumbuh dan berkembang,” pungkasnya. (ade)