Amerika Ancam Hancurkan Iran

DONALD-TRUMP1
Donald Trump. Foto AP

WASHINGTON – Presiden Donald Trump memperingatkan Iran untuk tidak menyerang kepentingan Amerika Serikat. Jika hal itu dilakukan, maka akan menjadi sebuah akhir bagi Teheran.

“Jika Iran ingin berperang, itu akan menjadi akhir bagi Iran. Jangan pernah mengancam AS lagi,”kata Trump di media sosial Twitter seperti dilansir di Aljazeera, Senin (20/5).

Relasi AS-Iran kembali memanas sekitar dua pekan lalu, menyusul ultimatum Presiden Hassan Rouhani mengenai dilakukannya kembali pengayaan uranium negaranya.

Rouhani mengancam akan melanjutkan pengayaan uranium jika negara Eropa yang tergabung dalam perjanjian nuklir 2015 atau JCPOA tidak membela Teheran dari sanksi Washington. Perjanjian yang digagas di era Barack Obama itu menyepakati, bahwa negara Barat akan mencabut serangkaian sanksi terhadap Teheran.

Sebagai balasan, Iran harus menyetop segala bentuk pengembangan senjata rudal dan nuklirnya, termasuk pengayaan uranium. Namun, di bawah komando Presiden Donald Trump, AS menarik diri secara sepihak dari perjanjian nuklir itu pada Mei 2018 lalu dan kembali menerapkan sanksi atas Iran.

Sejak ultimatum Rouhani tersebut, AS dan Iran terus saling melontarkan ancaman dan beradu mulut. Trump bahkan mengerahkan kapal induk dan sejumlah pesawat pengebom ke Timur Tengah. Meski begitu, Iran telah menegaskan negaranya tak berminat untuk berperang di kawasan. (der/fin)