Anak Dede Sunandar Mengidap Penyakit Langka, Tolak Pengobatan ke Amerika

KOMEDIAN Dede Sunandar sedang diuji oleh Tuhan. Anak bungsunya, Ladzan Syafiq Sunandar divonis mengidap penyakit langka, yakni sindrom Williams.

Kabar itu pertama kali diketahui dari unggahan istri pemain sinetron Super Dede, Karen Hertatum, di akun Instagram pribadinya.

Pada unggahan itu, Karen mengungkap penyakit yang diderita putra bungsunya itu. Karenanya, ada tawaran untuk berobat ke Amerika Serikat.

“Jadi ada orang Amerika follow Instagram istri. ‘Pah anak kita diajak ke Amerika, pengobatan segala sesuatunya dari sana’,” ungkap Dede di acara Okey Bos, baru-baru ini.

Namun Dede menolak tawaran tersebut. Dia memilih untuk menjalani pengobatan di Indonesia. “Kalau kami tinggal di sana itu di mana? Udah enggak usah (berobat ke Amerika. Mau ikhtiar aja di Jakarta,” tutur Dede.

Menurut Dede, putra bungsunya itu akan menjalani operasi pertama di Jakarta. “Ada 4 kali tahapan, 1-3 tahun, 7 tahun, 13 dan 23 tahun,” pungkas Dede.

Sindrom Williams merupakan kelainan genetik yang menghapus hambatan sosial dan membuat pengidap menjadi sangat ramah dan mudah percaya terhadap orang lain, baik dikenal maupun tidak. Kondisi ini ditandai dengan kecacatan intelektual ringan, sedang atau masalah belajar. Karakteristik kepribadian yang unik, fitur wajah yang berbeda, dan masalah jantung serta pembuluh darah (kardiovaskular).

Anak-anak yang mengidap sindrom Williams memiliki fitur wajah yang khas seperti dahi lebar, hidung pendek dengan ujung lebar, pipi penuh, dan mulut lebar dengan bibir penuh. (mg7/jpnn)