Anggaran Lembaga Pengelola Dana Pendidikan 2019 Meningkat Rp4 T

Dok. Net

Pemerintah menaikkan anggaran LPDP hingga Rp4 triliun untuk memberikan kesempatan kepada lulusan S1 agar dapat melanjutkan kuliah di univeritas di luar negeri.

Anggaran Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada 2019 sebesar Rp50 triliun atau meningkat Rp4 triliun dari Rp46 trilun pada 2018.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan di hadapan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Sumatera Utara, Senin (18/2).

“Tahun lalu [anggaran LPDP] Rp 46 triliun untuk mengirim lulusan mahasiswa S1 ke luar negeri. Puluhan ribu mahasiswa S1 kita dikirim ke universitas top-top di dunia. Untuk tahun ini anggarannya lebih dari Rp50 triliun. Indonesia perlu mengejar ketertinggalan dalam adaptasi [Revolusi] Industri 4.0. Pemerintah juga mempunyai strategi pembangunan berfokus kepada penciptaan daya saing,” ujar Luhut dalam rilisnya, Senin (18/2).


Luhut juga mengatakan, strategi yang telah disusun pemerintah menyongsong era Industri 4.0 antara lain, fokus mendorong pengembangan kreativitas dan pengurangan materi pengajaran untuk melatih keahlian pada bidang pekerjaan yang bersifat rutin.

Kemudian, lanjut dia, pengenalan aplikasi teknologi sejak dini, terutama terkait implementasinya dalam meningkatkan kualitas hidup.

“Upaya yang akan dilakukan pemerintah adalah terus memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keahlian dalam penguasaan teknologi dan pengembangan keahlian pada industri-industri hospitalityseperti pada sektor pariwisata,” kata Luhut.

Luhut berharap mahasiswa USU ini bisa tampil di tingkat nasional dan internasional dalam berbagai bidang kemajuan.

“Generasi ini supaya mengetahui, Indonesia berada dalam posisi yang bagus dan apa yang dilakukan pemerintah, saya kira akan membuat langkah baik ke generasi yang akan datang,” ungkap dia. (*)