Anggota Koramil Losarang dan Kandanghaur Dites Urine Mendadak, Ada Apa Ya?

Sejumlah anggota di lingkungan Kodim 0616 Indramayu mengikuti tes urine untuk mencegah narkoba di kalangan anggota TNI. FOTO:ADUN SASTRA/RADAR INDRAMAYU
Sejumlah anggota di lingkungan Kodim 0616 Indramayu mengikuti tes urine untuk mencegah narkoba di kalangan anggota TNI.FOTO:ADUN SASTRA/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Kodim 0616 Indramayu kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) pemeriksaan tes urine kepada puluhan anggotanya, Rabu (30/1). Kegiatan yang dipimpin langsung Pasi Inteldim Kapten Inf Ahmad Zuhri ini menyasar anggota Koramil 1611 Losarang serta Koramil 1616 Kandanghaur.

Dandim 0616 Indramayu Letkol Agung Nur Cahyono SIP MTr (Han) melalui Pasi Inteldim Kapten Inf Ahmad Zuhri menyebutkan, sidak tes urine dilakukan dalam rangka pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di jajaran anggota TNI.

Hal ini, sebutnya, merupakan tugas dan fungsi Kodim 0616 Indramayu, di bidang pengamanan personel di lingkup jajarannya. “Penting untuk ditegaskan, bahwa kami memiliki tugas untuk mencegah penyalahgunaan narkoba kepada seluruh anggota di jajaran Kodim 0616 Indramayu. Kami ingin pastikan, tak satupun dari anggota kami yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Ditambahkan Zuhri, tindakan tegas akan diterapkan Kodim 0616 Indramayu, terhadap anggota yang terbukti menggunakan maupun menyalahgunakan narkoba. “Mereka yang kedapatan menggunakan ataupun menyalahgunakan narkoba, akan diproses sesuai aturan dan prosedur hukum yang berlaku di lingkungan TNI,” tandasnya.

Langkah ini, sambung Zuhri, menjadi komitmen pihaknya untuk mewujudkan jajaran Kodim 0616 Indramayu yang bersih dan bebas narkoba. “Jika ada yang melanggar, sanksi tegas berupa pemecatan akan dilakukan tanpa tebang pilih. Jadi jangan pernah bermain-main dengan narkoba,” tegasnya.

Ditambahkannya, tes urine secara mendadak dilakukan terhadap 14 anggota Koramil 1611 Losarang. Sidak kemudian dilanjutkan terhadap 17 anggota Koramil 1611 Kandanghaur, yang didampingi Danramil Kapten Inf Catur Prasetia Irian.

Dari hasil sidak, tidak satupun dari anggota TNI yang kedapatan positif menggunakan narkoba. Sementara sidak akan terus dilaksanakan ke seluruh Koramil di jajaran Kodim 0616 Indramayu, agar TNI bebas dari penyalahgunaan narkoba. (dun)