Anggota Polres Ciko Lakukan Tes Urine, Lihat Hasilnya

polres-ciko-for-radar--tes-urin-polres-ciko-di-aula-tribrata
BEBAS NARKOBA: Tes urine yang digelar di Aula Tri Brata diikuti ratusan anggota Polres Cirebon Kota. FOTO: NURHIDAYAT/RADAR CIREBON

CIREBON – Polres Cirebon Kota melakukan tes urine terhadap ratusan anggota dan pegawai di lingkunan Polres Ciko, pada Rabu (19/6). Tes urine yang digelar di Aula Tri Brata itu, selain dimaksudkan untuk mencegah penyalahgunaan narkotika juga dalam rangka menyambut HUT ke-73 Bhayangkara.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengungkapkan, total sebaanyak 147 anggota dilakukan tes urine oleh petugas dari Urkes Polres Cirebon Kota dan Biddokes Polda Jawa Barat. Mereka terdiri dari seluruh satuan fungsi dan pegawai yang berdinas di Polres Ciko.

“Ini pemeriksaan secara berkala, tujuannya untuk memastikan bahwa seluruh anggota bersih dan terbebas dari narkoba,” ujar Roland kepada Radar.

Roland menjelaskan, pelaksanaan tes urine dilakukan secara acak. Ini dilakukan agar tidak ada anggota yang berusaha menghindar dari pemeriksaan. Mereka dipilih secara random dari seluruh satuan dan fungsi yang ada di Polres CIko.

“Jadi tidak ada anggota yang bisa berusaha menyiapkan atau apa gitu. Kita acak dan kita ambil perwakilan dari semua satuan fungsi,” tutur Roland.

Hasilnya, Roland memastikan bahwa anggota dan pegawai yang mengikuti tes urine, seluruhnya  bersih dari kontaminasi barang haram atau dinyatakan negatif. Mereka pun dapat kembali bertugas seperti biasa.

Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menegaskan, perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkotika akan terus dilakukan. Hal ini tak lain agar pemberantasan narkotika berjalan efektif.

“Secara rutin dan berkala kita lakukan, agar tidak ada petugas yang coba-coba menggunakan narkoba dan tetap steril,”ungkap Roland. (day)