Arif Wahyudi Ilustrator Sepatu Nike Air Jordan x Indomie

Dibuat Hanya 35 Pasang Sneakers, Dijual Rp3,3 Juta/pcs

Sneakers Nike Air Jordan x Indomie karya Arif Wahyudi FOTO:KHOIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON
Sneakers Nike Air Jordan x Indomie karya Arif WahyudiFOTO:KHOIRUL ANWARUDIN/RADAR CIREBON

CIREBON-Beberapa waktu lalu jagat media sosial sempat digemparkan dengan desain sneakers Nike Air Jordan 1. Tampilanya seperti bungkus Indomie Goreng. Siapa sangka, desainer di balik model sneakers unik itu adalah seorang ilustrator asal Cirebon. Dia adalah Arif Wahyudi.

Arif tentu tak menyangka karyanya bakal viral. Saat ditemui wartawan Radar Cirebon, ia pun masih tak percaya desain ilustrasinya mendapat banyak apresiasi. Bahkan tak sedikit yang mengirimkan komentar bernada positif di laman media sosial.

Arif Wahyudi

Ditemui Radar Cirebon usai mengisi talk show di salah satu kafe di Jl Cipto Mangunkusumo, Arif memaparkan latar belakang desain sneakers Nike Air Jordan x Indomie. Yang secara tampilan didominasi warna kuning-merah-hijau dengan logo Indomie yang ikonik itu.

Rupanya, karya itu berawal dari sekadar iseng. “Bisa dibilang, ini iseng-iseng berhadiah. Saya tidak menyangka banget kalau karya saya ini jadi viral mendapatkan perhatian di media sosial. Bahkan di-repost oleh akun Urban Sneakers Society juga,” ujar Arif, pekan kemarin.

Arif yang yang kini bekerja sebagai illustrator di salah satu perusahaan retail fashion ini mengaku memiliki hobi menggambar sejak kecil. Namun itu tidak ditunjang dengan latar belakang akademik. Ia justru kuliah di jurusan teknik informatika di salah satu perguruan tinggi negeri di Cirebon.

Soal desain Nike Air Jordan 1 x Indomie yang viral, ide awalnya adalah ingin mengaplikasikan apa yang ia sukai. Arif mengakui kalau desain produk mi instan yang ia aplikasikan kepada produk sepatu tersebut memang sudah menjadi ikonik dan mempunyai daya tarik tersendiri.

Terlebih dirinya juga mengaku menyukai Indomie goreng. “Kenapa desainya diaplikasikan ke sepatu? Saya sendiri suka sneakers. Lalu kenapa pilih Indomie, ya karena saya juga suka makan mi. Jadi konsepnya adalah mengaplikasikan apa yang saya suka kepada apa yang saya suka,” ujarnya.

Tak berselang lama setelah viral, karya Arief langsung dilirik oleh Indofood dan merealisasikan desain unik itu menjadi nyata. Arif berkolaborasi dengan Jonathan Gustana, seorang desainer pemilik Mr Simply Custom yang berbasis di Singapura untuk membuat sneakers Nike Air Jordan x Indomie. Ada 25 Pasang sepatu yang diproduksi. Tak membutuhkan waktu lama, sneaker yang dihargai Rp3,3 juta itu sold out.

Semenjak namanya viral, pria berusia 25 tahun ini mengaku semakin banyak orang yang meminta jasanya membuat desain. Beberapa karyanya yang lain juga mendapatkan apresiasi serupa. Desain sneakers Nike Air Jordan X Gundala bahkan juga diapresiasi oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf.

Selain itu, banyak juga pecinta sneakers yang memintanya untuk mendesainkan sepatu dengan beberapa produk lain. “Mungking nanti saya akan terus menggambar, membuat desain desain dan mengkolaborasikan dengan produk produk fashion dalam negeri,” pungkasnya. (war)

Berita Terkait