Asosiasi Futsal Kota Cirebon Bidik Perempat Final AFP Cup

Ratusan pemain futsal mengikuti seleksi yang digelar Asosiasi Futsal Kota Cirebon (AFKC) di Sport Hall Bima, Minggu(10/3). FOTO: TATA NG RUSMANTA /RADAR CIRBON
Ratusan pemain futsal mengikuti seleksi yang digelar Asosiasi Futsal Kota Cirebon (AFKC) di Sport Hall Bima, Minggu(10/3).FOTO: TATA NG RUSMANTA /RADAR CIRBON

CIREBON–Asosiasi Futsal Kota Cirebon (AFKC) mencoba bangkit dari kegagalan di Porda Jawa Barat XIII/2018 lalu. Kekuatan dibangun kembali untuk menyongsong kejuaraan musim ini. AFKC mulai menyeleksi para pemain terbaik. Tujuan terdekatnya adalah mengikuti kejuaraan Asoisiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Barat, 25 Maret mendatang.

Ketua AFKC Amroni SE mengatakan, sebanyak 150 pemain futsal mengikuti seleksi tahap pertama yang digelar di Sport Hall Bima, Kota Cirebon, Minggu pagi (10/3). Para pemain tersebut dari kelompok umur 17 tahun (KU-17) hingga KU-20. “Ini baru persiapan awal. Masih panjang waktu yang dibutuhkan untuk membangun tim terbaik,” katanya.

Kejuaraan yang akan digelar AFP di Kota Bandung menjadi ujian pertama. Bagi tim futsal Kota Cirebon, tidak ada target tinggi. Amroni hanya berharap timnya bisa tembus babak perempat final. Pada perhelatan tahun lalu, wakil Kota Udang tersingkir di babak penyisihan. “Kami membangun tim untuk misi jangka panjang,” tambah pria yang juga Wakil Ketua PSSI Kota Cirebon.

Menurut Amroni, kerja keras yang dimulai tahun ini, adalah untuk membangun kekuatan terbaik menuju Porda Jabar XIV/2022. Persiapan jangka panjang memang dubutuhkan untuk menciptakan tim solid dan tangguh di semua lini. Kegagalan pada Porda 2018 lalu di Kabupaten Bogor, jadi pelajaran berharga bagi AFKC. “Tim terbaik tidak dibangun secara instan. Karena itu, kami butuh persiapan jangka panjang untuk menggodok tim ini. Kami butuh waktu untuk pembinaan,” ungkapnya.

Sementara itu, pelatih futsal Kota Cirebon, Joko Santoso mengatakan, ratusan pemain yang mengikuti seleksi terdiri dari wajah-wajah lama dan baru. Para pemain eks Porda 2018 tetap ada. “Seleksi ini terus berprores. Tidak buru-buru kami putuskan siapa yang lolos atau tidak. Para pemain akan terlibat dalam program jangka panjang,” katanya.

Joko mengaku senang karena cukup banyak talenta muda yang tertarik bergabung dengan AFKC. Bagi dia, itu merupakan sinyal positif, bahwa, masa depan tim futsal Kota Cirebon akan sangat cerah. “Futsal telah berkembang dengan baik. Banyak sekali pemain bagus. Dari potensi yang ada, kita tentu dapat membangun tim yang kuat,” pungkasnya. (ttr)