Atasi Sampah, Pemkab Gandeng Pegiat Lingkungan

Wabup Cirebon Selly Andriyani Gantina. (dok radarcirebon.com)

CIREBON – Pemerintah Kabupaten Cirebon menggandeng pegiat atau komunitas lingkungan hidup untuk mengatasi permasalahan sampah. Itu karena, dalam penanganan sampah tidak hanya mengandalkan pemerintah. Tapi juga stake holder terkait di Kabupaten Cirebon.

Untuk itu, Pemkab Cirebon mengumpulkan komunitas lingkungan hidup untuk membahas berbagai hal, termasuk di antaranya masalah sampah, Selasa pagi (16/1).

Wakil Bupati Cirebon, Selly Andriani Gantina sengaja mengundang komunitas dan penggiat lingkungan hidup untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kebersihan lingkungan. “Kami berharap, dengan adanya focus group discussion, bisa bersinergi menjadi mitra,” ujarnya.

Dalam diskusi tersebut, terdapat pembahasan yang sangat kompleks dari kebijakan Pemerintah Kabupaten Cirebon. Khususnya soal peran pemerintah yang memfasilitasi para pegiat lingkungan sehingga bisa berbadan hukum. Sebab, kata Selly, bagaimanapun juga, yang namanya komunitas atau ormas, kalau sudah berbadan hukum, peran pemerintah dalam memberikan anggaran sangat mudah.

Di luar itu, Selly meminta kepada komunitas yang terlibat dalam kebijakan pemerintah betul-betul yang memang sudah melakukan action. Selain itu juga mempunyai tujuan untuk membangun Kabupaten Cirebon dengan perencanaan, kemudian pelaksanaan, sampai dengan monitoring dan evaluasi.

Soal banyaknya sampah, Selly juga menyampaikan dalam pertemuan kemarin. “Keberadaan pegiat atau komunitas lingkungan harus dilibatkan oleh pemerintah untuk menyelesaikan sampah di tingkat desa. Jadi, bukan berbicara bagaimana memindahkan sampah dari satu lokasi kelokasi lain, tetapi bagaimana mengolah sampah,” jelasnya.

Selly ingin agar sampah bisa menjadi sesuatu yang berguna. “Sampah yang diolah bisa menjadi 18 unsur yang bermanfaat bagi masyarakat. Dari mulai obat, pakan ternak, sumber energi, minyak, hingga BBM. Ini yang akan kita coba,” tuturnya. (den)

 

 

 

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait