Atasi Sampah Plastik, DLH Kabupaten Cirebon Dorong Bikin Perda

Ilustrasi

CIREBON-Pemerintah pusat hingga daerah gencar untuk mengurangi sampah plastik. Kepala Bidang Pentaatan Hukum dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon Noor Alia mengatakan, pengurangan sampah plastik ini merupakan bagian dari kebijakan strategis pengurangan sampah nasional.

Menurutnya, penggunaan sampah plastik di Indonesia cukup tinggi, tidak terkecuali di Kabupaten Cirebon. Hal ini, sebutnya, karena mudah dan murahnya mendapatkan plastik.

“Kabupaten Cirebon termasuk tinggi dalam menggunakan plastik, imbauan edaran pengurangan plastik sangat perlu diberlakukan begitupun pembuatan perda-nya, tinggal koordinasi dengan bidang kebersihan,” ungkapnya.

Menurutnya, pengurangan plastik akan berkurang apabila ada pembatasan penggunaan, ketidaktersediaan plastik.  “Perlu kesadaran diri sendiri. Ketika belanja misalnya bawa wadah atau tas sendiri. Efek sampah plastik ini luar biasa, karena ini ratusan tahun baru bisa terurai,” katanya.

Sebelumnya, Duta Lingkungan Hidup Jawa Barat Yoyon Suharyono menuturkan, kontribusi masyarakat untuk menjalankan kebijakan pengurangan kantong plastik bahkan wacana dibuatkan perda sangatlah penting. “Harus ada kerja sama, meski terjadi pro dan kontra, lebih baik bawa kantong plastik atau bag dari rumah sebelum belanja,” katanya singkat. (via)

[adrotate banner="13"]

Berita Terkait