Atthabrani Ardian Nugraha Kesempatan Terakhir Lolos Popnas

Atthabrani Ardian Nugraha (kanan) bersama H Dedi Kennedi.

ATTHABRANI Ardian Nugraha adalah satu-satunya perenang Kota Cirebon yang dipanggil Disorda Jawa Barat. Dia akan mengikuti seleksi daerah (selekda) proyeksi Popnas 2019 di Kolam Renang Prestasi KONI Jawa Barat, Kota Bandung, 13 Agustus mendatang.

Ini bukan panggilan pertama bagi Attha. Siswa kelas XII SMAN 1 Kota Cirebon itu juga pernah diseleksi sebelum Popnas 2017 lalu. Sayang, ketika itu dia gagal menembus skuad renang Jawa Barat. Dan, tahun ini adalah kesempatan terakhir baginya.

Popnas alias Pekan Olahraga Pelajar Nasional merupakan pesta olahraga pelajar terbesar di Indonesia. “Attha sudah kelas XII, tahun depan lulus sekolah. Jadi, tahun ini kesempatan terakhir untuk dia berlaga di Popnas,” tutur Ketua KOP Renang Kota Cirebon, H Dedi Kennedi.

Attha perenang pelajar yang cukup potensial. Sejak SMP sudah banyak meraih prestasi baik di level provinsi maupun nasional. Saat di SMP, dia menyumbangkan medali perak bagi kontingen Jawa Barat dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional.

Prestasi itu dapat dipertahankan di level SMA. Itu setelah pada 2018 lalu, Attha merebut medali emas O2SN SMA tingkat Provinsi Jawa Barat. Karena itu, Attha pun kembali membela Jawa Barat di O2SN SMA tingkat nasional. Hasilnya, remaja 17 tahun itu berhasil menyumbangkan perak nomor 100 meter gaya bebas putra.

“Andai mendapat kepercayaan dari pelatih di Jawa Barat, saya yakin Attha bisa sumbangkan medali di Popnas nanti. Saat ini pun kemampuannya masih sangat baik untuk level pelajar,” imbuh Dedi Kennedi. (ttr)